Download Contoh Program Rencana Kerja Tahunan Kepala Madrasa MI MTS MA Terbaru

Kepala Sekolah/Madrasah memiliki peran yang sangat strategis sebagai manajer dan sekaligus sebagai ujung tombak dalam upaya untuk mencapai keberhasilan tujuan pendidikan sesuai dengan yang telah ditetapkan. Berkaitan dengan hal ini, maka seorang kepala sekolah/madrasah dituntut untuk memiliki beberapa kompetensi mulai dari tahap perencanaan pendidikan dikerjakan dan struktur organisasi persekolahannyapun disusun guna memfasilitasi perwujudan tujuan pendidikan, serta para anggota organisasi, guru, pegawai atau karyawan dipimpin dan dimotivasi untuk mensukseskan pencapaian tujuan. Untuk menjamin semua kegiatan akan berlangsung sebagaimana yang direncanakan, dan dikelola dengan baik, maka salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Kamad di antaranya adalah pengetahuan tentang manajemen. 

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah menetapkan 5 (lima) dimensi kompetensi yaitu: 
kepribadian, 
manajerial, 
kewirausahaan, 
supervisi, dan 
sosial. 

Dasar kompetensi kepribadian ini akan sangat menentukan kompetensi lainnya, khususnya dalam melaksanakan program pendidikan nasional, propinsi, dan kabupaten/kota. Sebagai tambahan pengetahuan dan keilmuan dalam bidang perencanaan dan pelaksanaan program pendidikan, kepala sekolah harus mampu menunjukkan kinerjanya berdasarkan kebijakan, perencanaan, dan program pendidikan.

Kompetensi manajerial merupakan kompetensi kepala sekolah dalam memahami sekolah sebagai sistem yang harus dipimpin dan dikelola dengan baik, di antaranya adalah pengetahuan tentang manajemen. Dengan kemampuan dalam mengelola ini nantinya akan dijadikan sebagai pegangan cara berfikir, cara mengelola dan cara menganalisis sekolah dengan cara berpikir seorang manajer.

Kepala sekolah juga harus memiliki kompetensi kewirausahaan. Sebagai salah satu cara bagaimana sekolah mampu mewujudkan kemampuan dalam wirausahanya ini, maka kepala sekolah harus mampu menunjukkan kemampuan dalam menjalin kemitraan dengan pengusaha atau donatur, serta mampu memandirikan sekolah dengan upaya berwirausaha.

Kompetensi supervisi ini sangat strategis bagi seorang kepala sekolah khususnya dalam memahami apa tugas dan fungsi kepala sekolah sebagai pemimpin sekolah. Tugas dan fungsi dari supervisi ini adalah untuk memberdayakan sumber daya sekolah termasuk guru.  Salah satunya adalah melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.

Terkait dengan kelengkapan administrasi sesuai dengan kompetensi seperti telah disebutkan di atas, maka setiap kepala sekolah/madrasah haruslah menyusun, merencanakan dan menuangkannya dalam bentuk  Program Kerja Tahunan yang memuat semua kompetensi di atas sebagaimana contoh yang bisa Anda lihat dalam preview di bawah ini.

Rencana Program Kerja Kepala Madrasah  2016/2017 dan bisa di edit karena file ini menggunakan Microsoft Word.
Bagi Anda yang membutuhkan file tersebut di atas, silahkan download contohnya  secara gratis pada tautan yang kami sediakan di bawah ini :
Pilihan 1 : dalam folder winrar seperti pada tampilan di bawah ini
ilustrasi tampilan rkm 
[ Download ] Contoh Program Rencana Kerja Tahunan Kepala Madrasah MI MTs MA Terbaru 

Pilihan 2 : dalam satu file format microsoft word seperti pada tampilan di bawah ini
ilustrasi tampilan rkm
[ Download ] Contoh Program Rencana Kerja Tahunan Kepala Madrasah MI MTs MA Terbaru 
Satu hal yang perlu untuk digaris-bawahi adalah bahwa file tersebut hanya sekedar contoh yang belum tentu sesuai dengan situasi dan kondisi masing-masing sekolah/madrasah. Untuk itu silahkan Anda sesuaikan sendiri sesuai kebutuhan, tetapi kedua-duanya memang penting untuk dikembangkan oleh sekolah.

Demikian yang bisa kami bagikan terkait dengan Contoh Program Kerja Tahunan Kepala Madrasah Terbaru. 

Semoga bermanfaat !!!!

0 Response to "Download Contoh Program Rencana Kerja Tahunan Kepala Madrasa MI MTS MA Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel