Inilah 8 Inovasi Pendidikan Indonesia di Era Digital

Anak-anak sekolah sedang menggunakan laptop
Inilah 8 Inovasi Pendidikan Indonesia di Era Digital - Sahabat http://bingkaiguru.blogspot.co.id/,,,
Apabila kita seorang pendidik, pelajar , paradigma pendidikan haruslah mengikuti perkembangan pendidikan di Era Digital baik sekup nasional maupun internasional'

Perkembangan cepat dunia digital menuntut banyak perubahan dan penyesuaian di semua bidang termasuk Pendidikan. Apalagi ditengah posisi Indonesia yang menjadi negara dengan jumlah pengguna internet terbesar se-ASEAN dengan jumlah 93,4 JT atau sama dengan 36% dari total populasi pada tahun 2015, bahkan emarketer menyebutkan pada tahun 2018 pengguna internet di Indonesia akan mencapai 123 juta, jumlah ini mengalahkan Jepang dan membuat Indonesia termasuk dalam Top 5 Dunia.

Inilah tampilannya.
 (Top 25 jumlah pengguna internet di dunia/emarketer)

Sebelumnya inovasi pendidikan dilakukan dengan membuat sistem UN menggunakan kertas atau manual, sekarang pelaksanaan UN tak lagi menggunakan lembaran kertas melainkan menggunakan sistem online.

Dengan sistem online ini, negara bahkan dapat menghemat anggaran sebesar Rp. 13,6 miliar berdasarkan percobaan UN secara online pada 2015. Bahkan tahun 2017 pelaksanaan UN dan USBN juga hampir sudah serentak dilaksanakan secara online.

Melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang tepat guna, Telkom Indonesia membuat beberapa inovasi untuk dunia pendidikan Indonesia.

Inilah 8 Inovasi Pendidikan di Era Digital

1.
SIAP Online
: Layanan sistem informasi & aplikasi pendidikan online menghubungkan orangtua, siswa, guru, sekolah, dinas daerah dan pusat secara terpadu dan akuntabel untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia.

2.
Qbaca Pustaka Digital
: Aplikasi buku dan perpustakaan digital. Untuk dapat selalu membawa semua buku kesayangan berapapun jumlahnya, membaca di mana saja dan kapan saja, tetap dalam kenyamanan dan keakraban membaca buku.
3. QJournal 
: Solusi untuk memperoleh akses materi akademis berkualitas dunia, sekaligus akses publikasi hasil riset dan wacana akademis Indonesia ke seluruh penjuru dunia

4. English Bean :  Cara baru belajar bahasa inggris yang fun dan interaktif dengan berbasis IT, yang memungkinkan siapa saja belajar bahasa Inggris secara mudah dan di mana saja.

5. UmeetMe : Layanan multimedia conference berupa video yang berkualitas tinggi dan hemat konsumsi bandwidth untuk mendukung program pendidikan jarak jauh.

6. IndiSchool : Pemberian akses internet wifi untuk mengakses konten edukasi bagi komunitas pendidikan di zona edukasi dengan cepat dan murah.

7. Smart Campus Award : Sebuah program self assessment untuk mengukur pemanfaatan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK) perguruan tinggi di Indonesia dengan menggunakan metode “ZEN Framework”.

8. IndiLearning, Bagimu Guru Kupersembahkan : Pelatihan TIK bagi berbagai komunitas di Indonesia, dimana salah satunya adalah komunitas guru.

Sumber : https://www.goodnewsfromindonesia.id
Demikianlah informasi tentang 8 Inovasi Pendidikan di Era Digital yang dapat http://bingkaiguru.blogspot.co.id/ sampaikan. Semoga kita tidak ketinggalan oleh negara-negara lain. Amin

0 Response to "Inilah 8 Inovasi Pendidikan Indonesia di Era Digital"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel