Contoh Soal Latihan dan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs

Bingkai Guru - Salam pendidikan.... Untuk semuanya, selamat berjumpa kembali dengan kami sebagai admin blog https://bingkaiguru.blogspot.co.id. Pada kesempatan yang baik ini kami menulis untuk sebuah soal yang dilengkapi dengan kunci jawaban Ujian Nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk tingkat SMP/MTs. Seperti yang semua siswa-siwi kelas IX yang diharapkan yaitu untuk mendapatkan nilai yang terbaik, untuk mendapatkan nilai terbaik tidak ada jalan selain giat, rajin, tekun belajar dan tidak lupa untuk mengerjakan soal-soal secara mandiri artinya belajar tidak tergantung terhadap orang lain, hanya panduan materi dan soal-soal seoerti yang kami sajikan di bawah ini.
Insya Allah harapan dan angan-angan yang didambakan untuk meraih nilai atau prestasi terbaik akan terwujud apabila belajar dengan sungguh-sungguh. Karena nilai bagus akan menentukan masuknya kepada sekolah lanjutan tingkat atas atau SMA/SMK, MA yang di idam-idamkan oleh semua calon siswa.
Untuk itu silahkan pelajari soal UN Bahasa Indonesia di bawah ini.

CONTOH SOAL LATIHAN UN BAHASA INDONESIA SMP/MTs

Contoh Soal Latihan dan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs
Contoh Soal Latihan dan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs

I. Berilah tanda silang (X) pada kolom dari jawaban yang benar di lembar jawab

1. Tabrakan antara bus Sinar Jaya dengan bus Javana (sangkuriang) di ruas jalan Tegal  - Purwokerto, tepatnya di depan PT.Zeta Agro Corpration (ZAC) Desa/Kecamatan Paguyangan, Brebes, Sabtu 19 Desember 2009 mengakibatkan 3 tewas dan 11 lainnya luka berat dan ringan.
        Beberapa penumpang yang selamat mengatakan,bus melaju dengan kecepatan sedang karena baru saja mengisi bahan bakar di SPBU Paguyangan, lebih kurang 100 meter sebelum tempat kejadian (TKP). Dari arah selatan (Purwokerto) meluncur bus Sinar Jaya yang disopiri Jaelani. Bus tanpa penumpang itu melaju dengan memakan lajur kanan dengan kecepatan tinggi. Karena jarak sudah dekat tabrakan tidak bisa dihindari. Benturan keras itu mengakibatkan bodi depan bus rusak berat, kedua sopir bus tewas seketika dengan luka mengenaskan.     (  Suara Merdeka ,20 Des 2009)
    Gagasan utama teks di atas adalah ................
a. Korban lalu lintas
b. Kecelakaan yang memakan banyak korban   
c. Tabrakan antara bus Sinar Jaya dengan bus Javana ( Sangkuriang )
d. Bus tabrakan mengakibatkan korban tewas

2.    Kalimat utama  paragraf kedua  teks di atas  adalah .......
a. Bus melaju dengan kecepatan tinggi dan jarak sudah dekat maka kecelakaan tak dapat dihindari.   
b. Beberapa penumpang yang selamat memberikan keterangan tentang tabrakan.
c. Tabrakan antara bus Sinar Jaya dengan bus Javana ( Sangkuriang )
d. Dalam kecelakaan kedua sopir meninggal di tempat
   
3.    Kritik yang tepat untuk teks di atas adalah..........
a. Penumpang hendaknya mengingatkan sopir untuk mengemudi bus dengan pelan.
b. Sopir hendaknya menaati peraturan lalu lintas dan tidak melaju dengan kecepatan tinggi.
c. Benturan yang keras mengakibatkan bus rusak berat.
d. Kecelakaan tidak boleh terjadi

4.    Berita 1
    Pada hari Rabu, 2 Januari 2008, polisi kehutanan Taman Nasional Kelinci Seblat menangkap sindikat pencuri satwa liar. Barang bukti yang dapat dikumpulkan adalah monyet, orang hutan, dan kulit harimau Sumatra.
    Berita 2
    Sekitar 400 monyet berkeliaran di alam bebas. Pemandangan ini sungguh unik. Namun Anda harus berhati-hati, monyet-monyet tersebut sangat nakal dan kerap mencuri berang bawaan pengunjung.
    Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah....
 5.    Cermatilah paragraf berikut !
    Kiat menghemat biaya transport di Jakarta adalah dengan menggunakan jasa bus kota. Kenyataan ini terjadi karena tarif taksi relatif mahal. Bus kota selalu keluar dari eki (terminal) sesuai jadwal. Kedatangannya pun hampir selalu tepat waktu. Papan jadwal waktu kedatangan bus terpasang di bagian depan jalur eki dan tiap halte. Bus pun tidak berhenti di sembarang tempat. Penumpang hanya diizinkan naik dan turun di tempat perhentian tersebut.
Simpulan paragraf tersebut adalah ........
a. Bus kota selalu keluar dari eki (terminal) sesuai jadwal.
b. Kiat menghemat biaya transport di Jakarta
c. Bus tidak berhenti di sembarang tempat karena halte sudah tersedia.
d. Penumpang hanya diizinkan naik dan turun di tempat perhentian tersebut.

6.    Polemik seputar imbauan pansus Hak Angket Century agar pejabat yang terkait kasus itu menonaktifkan kini, terus bergulir. (1) Imbauan pansus kemudian ditolak Presiden SBY.(2) Sebagian kalangan beranggapan bahwa itu sebagai upaya untuk menjatuhkan Wapres Boediono dan Sri Mulyani.( 3 ) Tak perlu ada kekhawatiran soal intervensi, Boediono dan Sri Mulyani tidak perlu non aktif, sebab mereka tetap bisa menjalankan tugas dengan baik, kata ketua DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum.(4)
                    (Sumber, Suara Merdeka ,20 Des 2009)
    Kalimat yang berisi pendapat ditandai dengan nomor ...........
a. ( 1 ) dan ( 2 )     c. ( 3 ) dan ( 1 )
b. ( 2 ) dan ( 3 )    d. ( 3 ) dan ( 4 )

7.    Kalimat yang menyatakan fakta pada teks tersebut terdapat dalam kalimat bernomor ....
a. ( 1 ) dan ( 2 )     c. ( 3 ) dan ( 1 )
b. ( 1 ) dan ( 3 )    d. ( 2 ) dan ( 4 )
                                                              Ujian Nasional
                 Pemerintah sepertinya terus kukuh mmpertahankan ujian nasional.Mulai tahun 2008, ujian nasional diekstensifiksi. Jika pada tahun-tahun sebelumnya ujian nasional ditujukan bagi siswa SMP/MTS dan SMA/MA, mulai tahun 2008 ujian nasional juga akan berlaku untuk jenjang SD/MI. Oleh karena itu, diterbitkan Peraturan Mentri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 34 Tanggal5 November 2007 yang mengatur tatalaksana ujian nasional.
                Hampir semua orang memberikan kritik dan protes untuk menolak ujian nasional. Protes yang baru saja berlalu adalah prote gencar ratusan pelajar tingkat SMA di berbagai kota. Mereka menolak penambahan mata pelajaran ujian nasional. Mereka pun menolak kenaikan standar kelulusan menjadi rata-rata 4,50.
            Permendiknas Nomor 34 menegaskan sikap pemerintah terhadap kritik dan penolakan terhadap ujian naional. Bisa jadi argumen penolakan itu benar, namun di sisi lain ujin nasional mempunyai dampak positif terhadap pembelajaran. Di SMP kota Malang dan Surabaya, guru-guru terpacu bekerja keras agar anak didik lolos ujian nasional. Berbagai kiat dan program., seperti pemetaan materi esensial sesuai Standar Kompetensi Lulusan (SKL), latihan soal, dan bimbingan belajar dirancang sekolah agar murid-muridnya bisa lulus.

8.    Penulis Tajuk tersebut lebih memihak kepada..................
a. Guru        c. Masyarakat  
b. Siswa    d. Pemerintah

9.    Simpulan Tajuk di atas adalah..........
a. Masyarakat mempertahankan ujian nasional karena berdampak positif terhadap guru dan siswa.
b. Masyarakat memprotes dan menolak ujian nasional karena berdampak positif terhadap
    pembelajaran.
c. Pemerintah mempertahankan ujian nasional karena berdampak positif terhadap pembelajaran.
d. Pemerintah mengeluarkan Permendiknas No.34 Tgl. 5 November 2007 agar pelajar tidak protes.

10. Dukungan kepada Prita Mulyasari, terdakwa kasus pencemaran nama baik RS Omni Internasional, benar-benar lengkap datang dari berbagai kalangan . Senin,21 Des 2009  sejumlah artis turut menyuarakan dukungan mereka kepada Prita Mulyasari melalui konser koin untuk keadilan yang digelar di Hotel Rock Cafe Jl.M.H. Thamrin, Jakarta. ( Suara Merdeka ,21 Des 2009)
    Opini yang tepat untuk menanggapi tajuk di atas adalah................
    a. Prita Mulyasari memang telah bersalah maka dijadikan terdakwa.
    b. Pihak RS Omni Internasional dirugikan nama baiknya maka Prita Mulyasari perlu dituntut.
    c. Pihak RS Omni Internasional terlalu gegabah menjatuhkan dakwaan kepada Prita Mulyasari, sehingga banyak pihak yang memberi dukungan dan bantuan kepada Prita Mulyasari.
    d. Prita mendapat dukungan semua kalangan
11. Perhatikan grafik berikut !
Pernyataan yang sesuai dengan grafik tersebut adalah ..........
a. Pada bulan Maret jumlah penderita jantung mengalami penurunan dari bulan sebelumnya .
b. Pada bulan Mei terjadi pelonjakan jumlah penderita jantung.
c. Pada bulan Juni penderita jantung  mencapai angka tertinggi.
d. Setiap tahun jumlah penderita jantung  mengalami peningkatan yang sangat mencolok.
12.    Perhatikan grafik berikut !

     Simpulan isi grafik tersebut adalah.....................
    a. Tahun 2004 adalah awal kenaikan rata-rata nilai UN Bahasa Indonesia
    b. Rata-rata nilai UN mengalami kenaikan yang tetap setiap tahunnya.
    c. Tahun 2008 mengalami kenaikan  paling tinggi  rata-rata nilai UN Bahasa Indonesia.
    d. Rata-rata nilai UN mata peljaran Bahasa Indonesia setiap tahun meningkat
13.    Perolehan Medali  PORSENI MTs Se-Jawa Tengah Tahun 2008

     Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada tabel tersebut adalah......................
    a. Mengapa MTs  Kebumen mendapat medali terbanyak ?
    b. Siapa pelatih  MTs Demak pada PORSENI Th.2008 ?
    c. Berapa selisih perolehan medali antara MTs Kebumen dengan MTs Grobogan ?
    d. Berapa siswa MTs Kudus yang  memperoleh medali  dalam PORSENI tersebur?
14.      


Pernyataan yang sesuai dengan isi denah tersebut adalah....................................
    a. Lokasi pusat perbelanjaan berada di dekat lapangan OR
    b. Lokasi Masjid terletak di utara perumahan
    c. Kantor Bupati berseberangan jalan dengan perumahan
    d. Lapangan OR terltak di samping perumahan

    Kepedihan
        Akankah berakhir
        Sungguh aku tak pernah tahu
        Aku hanya mampu menangis...... menjerit........
        Namun hanya Engkau yang dengar
        Seorang pun tak ada yang dengar
        Aku meratap pilu.........
        Mengapa................?
        Inikah cobaan dari Mu ya Allah ?
        Kepada Mu lah aku berserah diri
15.    Puisi tersebut di atas bertema................
    a. Keputusasaan    c. Jeritan yang tak terdengar
    b. Cobaan hidup    d. Tangisan pilu

16.    Amanat yang terdapat dalam puisi di atas adalah...............
    a. Menangislah agar kesedihan hilang dan cobaan cepat berakhir
    b. Sungguh kita tidak tahu arti kehidupan
    c. Kita harus bersabar dan berserah diri kepada Allah dalam menghadapi cobaan.
    d. Kita harus meratapi nasip dengan selalu menangis
Bacalah teks berikut dengan seksama untuk menjawab pertanyaan nomor 17 dan 18 !

    “ Aku sudah cukup lama bersabar......... aku tak pernah menuntut apa-apa.... bahkan ketika kau khianati          kepercayaanku, aku pun tak mampu berbuat apa-apa kecuali pasrah, tapi mengapa kau masih tega          memperlakukan aku seperti ini ? “ kata Darsini dengan suara parau karena menahan tangis.(1) Air mata          Darsini tak lagi mengalir karena sudah kering, terlalu sering ia keluarkan.(2) Suaminya tiada hari tanpa          amarah, entah ada saja alasan untuk melampiaskan amarahnya, hal kecil pun dijadikan besar.(3) Sering          Darsini didiamkan, tak diajak bicara, padahal diluar sana suaminya dengan ramah bercanda dengan teman wanitanya.(4)Di rumah Darsini merasa tak berguna karena tak dianggap apa-apa oleh suaminya. (5). Ia bertahan demi anak-anaknya.(6) Rasa sakit dalam tubuhnya ia tahan sediri, Darsini hanya bisa pasrah sambil berbaring mamandang langit-langit  kamar.(7)
17.    Tema kutipan cerpen di atas adalah.......................
    a. bertahan demi anak-anak    c. Kehidupa seorang istri
    b. Air mata Darsini    d. Penderitaan seorang istri
18.    Bukti latar cerpen tersebut tergambar pada kalimat nomor.........
    a. 1 dan 2    c. 4 dan 6
    b. 3 dan 5    d. 5 dan 7
        Anak-anak diperbolehkan menyela pembicaraan. Hal yang biasanya hanya kulihat terjadi di keliling meja orang tuaku. Aku ingin sekali mengetahui bagaimana penglihatan ketiga murid kakek terhadap sikap kami yang bebas, tapi sopan berbicara terbuka dengan orang-orang tua. Bagaimana pendapatnya melihat kakek mengizinkan Teguh mengambil buah jeruk lagi untuk diselipkan ke dalam saku celana pendeknya, juga melihat kakek mengizinkan aku berdiri meninggalkan meja sebelum orang-orang tua seleai makan buah.
19.    Amanat kutipan novel tersebut adalah ...........
a. Meskipun bebas, seorang anak harus sopan terhadap orang tua.
b. Jangan menyelipkan makanan ke dalam saku celana.
c. Tinggalkan meja selagi orang tua makan.
d. Tanyakan pendapat orang terhadap tindakanmu.

20.    Perbedaan karateristik tokoh pada kedua novel tersebut adalah
    a. Ndoro Guru Kakung sombang, Istri Suria pemaaf
    b. Ndoro Guru Kakung penuh semangat, Istri Suria pemaaf
    c. Ndoro Guru Kakung bijak, Istri Suria optimis
    d. Ndoro Guru Kakung penuh semangat, Istri Suria sombong
21.    Azizah    : Waduh ...bagaimana jika sampai ibu pulang, Boni belum kembali ke rumah.
           ( sambil mondar mandir di halaman depan )
    Bibi    : Sabar, Non.... Muda-mudahan den Boni segera pulang.
    Azizah    : Ya, Bi.... tapi kenapa belum pulang juga, mana hari suda petang dan mau hujan lagi.
    Bibi    : Non , coba hubungu ke telepon genggamnya.
    Azizah    : Oh ya, benar juga ya ,Bi.
    Kutipan naskah drama tersebut menggambarkan suasan................
    a. Senang                                c. Khawatir
    b. Takut                                d. Ngeri
22.    Ayah    : Bagaimana mungkin bisa istirahat, kalau setiap aku pulang kerja kalian bermain dan bermain terus di dalam rumah! Rumah kotor berantakan membuat kepala jadi pusing!
Ibu    : Biarlah, Yah daripada mereka main di rumah tetangga.
Ayah    : Kamu juga tidak bisa emimpin anak-anak! ( sambil melepas tas kerjanya )
Nenek    : Ada apa? Baru pulang sudah ribut!
Bukti bahwa ayah berwatak keras dalam kutipan drama diatas terdapat pada dialog ..
a. Nenek dan ibu    c. Ayah dan Nenek
b. Ibu dan Ayah    d. Ibu dan Nenek

23. Pada hari Senin ,21 Januari 2009 ,kamu ditunjuk menjadi petugas pengibar bendera. Kamu dapat melaksanakannya dengan baik dan mendapat pujian dari teman-temanmu
      Catatan buku harian yang sesuai dengan iliustrasi tersebut adalah ...........
a.    Senin,21 Januari 2009. Hari ini aku senang sekali. Pagi tadi aku ditunjuk menjadi salah satu petugas upacara sebagai pengibar bendera.Aku dapat melaksanakannya  dengan baik. Guru-guru juga memuji kemampuanku
b.    Senin,21 Januari 2009. Hari ini aku senang sekali. Pagi tadi aku ditunjuk menjadi salah satu petugas upacara, yaitu  sebagai pengibar bendera.Aku dapat melaksanakannya dengan baik. Teman-temanku juga memuji kemampuanku.
c.    Aku senang sekali. Aku ditunjuk menjadi salah satu petugas . Aku dapat melaksanakannya dengan baik. Teman-temanku juga memuji kemampuanku.
d.    Alngkah senangnya hari Senin ini . Kita ditunjuk menjadi salah satu petugas upacara, yaitu  sebagai pengibar bendera.Kita dapat melaksanakannya dengan baik. Teman-temanku juga memuji kepemimpinanku.

24.    Sabtu, 24 Desember 2008. Jantungku berdebar-debar, hari ini adalah pembagian rapor. Dan giliran namaku dipanggil wali kelas ... Alhamdulillah tidak ada angka 6 dan ternyata aku mendapat peringkat I,...
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi buku harian di atas adalah ...
a.    Yah, aku memang tak pernah terkalahkan. Dari kelas I aku memang selalu mendapat predikat juara.
b.    Itulah hasil jerih payahku. Aku memang layak mendapat prdikat itu. Tak sia sia usahaku selama ini. Aku memang pantas bangga.
c.    Yah...semua ini karena aku selalu berusaha dan rajin belajar. Tapi aku tak boleh berbangga diri, keberhasilan bukan akhir segalanya. Aku akan terus belajar untuk meningkatkan prestasi.
d.    Dengan mendapat juara I aku bisa tersenyum bangga di depan teman-teman. Dan aku akan mendapat hadiah dari ibuku.

25.  Hari Senin sore Sarjono pergi ke rumah Jimi, namun Jimi tidak di rumah. Maksud kedatangan Sarjonountuk mengambil CD yang sudah 2 minggu dipinjam Jimi. Akhirnya Sarjono menulis memo untuk Jimi dan memo itu dititipkan kepada adiknya.
Isi memo yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah :
a.       Segera kembalikan, karena akan dipinjam adikku.
b.       Tadi aku ke rumah tapi kamu pergi, tolong segera kembalikan CD yang kau pinjam.
c.       Kenapa tidak cepat kaukembalikan CD ku?
d.       Tolong cepat pulang aku tunggu CD ku.

26.    Pada hari Senin tanggal 19 Februari 2009 , Kepala Desa mendapat dua undangan rapat dalam waktu yang bersamaan. Undangan di Kantor Kecamatan pukul 08.00 WIB sedangkan di Kantor Dinas Pertanian pukul 08.30 WIB, akhirnya Kepala Desa memutuskan menghadiri undangan di Dinas Pertanian sedangkan undangan di Kecamatan diwakilkan kepada Sekretaris Desa. Memo yang tepat adalah ............
a. Hadiri rapat di Kecamatan  Senin, 19 Februari pukul 08.00 WIB
b. Undangan rapat di Kantor Kecamatan jangan lupa hadiri tepat pukul 08.00
c. Hadiri rapat di Dinas Pertanian  Senin, 19 Februari pukul 08.30 WIB
d. Berhubung saya ada uandangan yang bersamaan waktunya maka hadiri rapat di Kantor Kecamatan dan di Dinas Pertanian

27.    OSIS sekolahmu mengadakan lomba baca puisi. Peserta diikuti oleh semua kelas. Kelas VII terdiri dari 6 kelas, kelas VIII terdiri dari 5 kelas, dan kelas IX terdiri dari 4 kelas. Masing-masing kelas mewakilkan 2 peserta ( 1 pa dan 1 pi ). Hasil lomba, juara 1 diraih kelas IX C, juara 2 diraih kelas VII D, juara 3 diraih kelas VIII A. Laporan yang tepat berdasarkan ilustrasi di atas adalah ...
a.  Lomba baca puisi diikuti OSIS dan juara 1 diraih oleh kelas IX C, juara 2 kelas VII D, dan juara 3 kelas VIII A.
b.  Lomba baca puisi diikuti oleh 6 peserta yaitu kelas VII terdiri dari 2 peserta ( 1 pa dan 1 pi ), kelas VIII terdiri dari 2 peserta ( 1 pa dan 1 pi ), kelas IX terdiri dari 2 peserta ( 1 pa dan 1 pi ), dan juara 1 diraih oleh IX C, juara 2 diraih oleh VII D, dan juara 3 diraih 8 A
c.  Lomba baca puisi diikuti oleh perwakilan kelas VII, VIII, IX. Semua berjumlah 30 peserta. Hasil lomba sebagai juara 1 diraih oleh IX C, juara 2 diraih kelas VII D, dan juara 3 diraih kelas VIII A
d.  Lomba baca puisi diikuti oleh semua perwakilan OSIS dan juara 1 diraih kelas VII D, juara 2 diraih kelas VIII A, juara 3 kelas IX C

28.    Perhatikan kalimat laporan kegiatan berikut!
    1.    Dengan melibatkan banyak orang tersebut kegiatan dapat terlaksana dengan meriah.
    2.    Berdasar hal tersebut, OSIS SMP Merdeka Surabaya mengadakan lomba lari jarak jauh atau maraton.
    3.    Dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan RI, pemerintah daerah mengharapkan adanya kegiatan yang positif,
    4.    Kegiatan itu dapat diikuti oleh banyak orang.
    Susunan kalimat laporan yang sisitematis menjadi bagian pendahuluan ( latar belakang) adalah...   
    a.    1-2-3-4                            c.  4-3-2-1
    b.    2-3-4-1                            d.  3-4-1-2

29.    Oh ya, Darno bagaimana kegiatan ekstrakurikuler di sekolahmu? Apakah kamu ikut ekstrakurikuler? Kalau aku masih seperti dulu. Masih aktif mengikuti PMR.
            .................................................................................................................
        Salam manis
        Andri
    Kalimat penutup surat yang tepat agar Darno segera membalas surat Andri adalah ...
a.    Atas perhatianmu, kuucapkan terima kasih. Aku bangga bersahabat denganmu
b.    Darno sampai di sini dulu surat dariku. Balasan surat darimu kutunggu
c.    Demikan surat dariku Andri, semoga tidak mengganggu belajarmu
d.    Kiranya surat dariku cukup sampai di sini. Darno kapan-kapan kusambung lagi
30.     Buat Marfel
       di rumah

       Salam kangen
                  ....................................................................................................................................................................
            Aku ingin pergi membeli sepatu di Cibaduyut Bandung, tetapi aku tidak tahu daerah sana. Tolong nanti
          temani aku ya! Aku yakin kamu tidak keberatan.
             Kurasa suratku ini dulu, kalau kamu bersedia menemaniku, aku segera kerumahmu. Terima kasih. Maaf
           kalau ada salah.
                                            Sahabatmu   
                                                       Bagus
       Bagian pembuka surat tersebut yang tepat adalah...
       a.    Marfel, minggu depan aku akan main ke rumahmu karena mau minta tolong.
       b.Bagaiman kabarmu Marfel? Semoga kita selalu mendapat lindungan dari Allah SWT.
       c.    Keadaanku saat ini baik-baik saja. Oleh karena itu, minggu depan aku mau ke rumahmu.
       d.Semoga keadaanmu saat ini baik-baik saja Marfel agar minggu depan aku bisa minta tolong kamu.

31.    ................................................................................................................, kami mohon Bapak mengizinkan kami menggunakan ruang serbaguna SMP Bakti untuk keperluan tersebut. Demikianlah permohonan ini kami sampaikan. Atas izin yang Bapak berikan, kami mengucapkan terima kasih.

    Kalimat yang tepat sebagai pembuka surat tersebut adalah .........
a.    Memperhatikan akan diselenggarakan lomba musikalisasi puisi antarkelas
b.    Sehubungan akan diadakan lomba musikalisasi puisi antarkelas
c.    Sehubungan dengan akan diselenggarakan lomba musikalisasi puisi antar kelas
d.    Bersama dengan acara lomba musikalisasi puisi antarkelas

32.    Sehubungan dengan akan diselengarakan acara perpisahan siswa kelas IX, kami mohon            kehadiran wali murid kelas IX pada
    hari, tanggal    : Sabtu, 10 Juni 2009
    waktu        : 08.00 sampai dengan selesai,
    tempat        : Aula MTs N 1 Malang.
        ...................................................................................................................
    Kalimat yang tepat sebagai penutup surat tersebut ......
a.    Kami harap anda semua hadir pada acara perpisahan tersebut
b.    Demikian undangan ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu wali murid kelas IX kami mengucapkan terima kasih
c.    Atas perhatiannya, kami panitia perpisahan mengucapkan terima kasih
d.    Semoga Bapak/Ibu wali murid kelas IX dapat hadir semua. Terima kasih
33.        Makanan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan adalah jenis makanan yang berkualitas. Ini berarti kita harus mengonsumsi cukup sayuran dan buah-buahan. Membatasi konsumsi protein hewani serta mengurangi konsumsi gula dan camilan yang manis-manis.
        Anda juga perlu memastikan tubuh Anda cukup mengonsumsi vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E, dan K. Selain itu, vitamin dan mineral penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.   
    Rangkuman bacaan tersebut adalah ....
a.    Makanan yang berkualitas, vitamin, dan mineral meningkatkan sistem kekebalan tubuh
b.    Lemak dan minyak jenuh terutama lemak yang berasal dari hewan dapat merusak kesehatan
c.    Mengurangi konsumsi gula dan camilan yang manis-manis dapat menurunkan berat badan.
d.    Vitamin dan mineral dapat diimbangi dengan makan sayur-sayuran dan buah-buahan

34.   Sebuah LSM lingkungan hidup mengajak masyarakat menanam pohon pada hutan
        guundul dengan tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dan mencegah
        kerusakan lingkungan alam.   
      Slogan yang tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah...
      a.      Alamku, alammu, alam kita, mari selamatkan bersama.
      b.      Alamku berseri, besok anak cucu bernyanyi sampai pagi.
      c.      Hutanku, kita menfaatkan bersama demi kelestarian hidup.
      d.      Hutanku berseri, alampun akan menanti para petani.

35.    (1)      Pilihlah tanaman Mangga yang tingginya anatara 80 – 100 cm!
    (2)      Irislah kulit dahan jenis lain yang ada mata tunasnya dengan ukuran yang sama dengan
        kupasan kulit dahan yang pertama !
(3)    Bungkus tempelan kulit dahan tersebut pada bagian kupasan dahan yang pertama!
(4)    Tempelkan kulit mangga tersebut pada bagian kupasan dahan tanaman yang pertama!
(5)    Kupaslah kulit pada bagian batang yang sudah tua!
    Urutan kalimat petunjuk mengokulasi tanaman mangga yang tepat adalah ......
a. (1) – (2) – (4) – (5) – (3)     c. (1) – (5) – (2) - (4) – (3)
b. (1) – (4) – (5) – (2) – (3)     d.  (1) – (5) – (4) – 2) – (3)

36.       Pembuatan kerupuk udang
       1. Udang dicuci kemudian dihaluskan
       2. Dicampur dengan tepung pati (singkong), garam, bawang putih.
       3. Bungkus adonan dengan daun pisang, kemudian dikukus
       4. ....................................................................
       5. Diiris tipis-tipis kemudian jemur sampai kering   
       Kalimat yang tepat untuk pelengkapi petunjuk tersebut adalah....................   
        a. Diangkat , dikupas kemudian digoreng         
    b. Setelah masak kurang lebih 30 menit diangkat dan dibiarkan dingin.
    c. taburkan bumbu yang sudah dihaluskan
    d. digoreng kurang lebih 5 menit dan siap disajikan
       
37.    Camat mengundang masyarakat di  wilayahnya, termasuk pula siswa dan guru-guru untuk memperingati jasa-jasa KI Hajar Dewantara.
    Isi pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut di atas adalah ..........
a.    Saudara sekalian, khususnya para pendidik yang berbahagia. Kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena saat ini kita dapat berkumpul memperingati jasa pahlawan nasional, KI Hajar Dewantara.
b.    Akhirnya, marilah pada kesempatan ini kita mengheningkan cipta dan berdoa. Semoga arwah almarhum Ki Hajar Dewantara diterima oleh Allah serta ditempatkan disisi-Nya
c.    Saudara-saudara, perkenankanlah saya mengulangi kembali sikap dan perjuangan Ki Hajar Dewantara yang perlu kita teladani bersama. Berkat jasa beliau, anak-anak bangsa sekarang ini dapat mengenyam pendidikan.
d.    Hari ini tanggal 2 Mei merupakan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara. Beliau Bapak Pendidikan Nasional Indonesia yang telah berjuang memerangi kebodohan dan kemiskinan.

38.    Ketua OSIS memberikan sambutan pada pembukaan rapat OSIS dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.
    Pembukaan pidato yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah........
    a.        Saudara-daudara pengurus OSIS yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME karena pada saat ini kita dapat berkumpul guna membahas rencana kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT kemerdekaan RI.
    b.    Rekan-rekan pengurus OSIS yang saya hormati, kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME, karena pada saat kita dapat memeriahkan HUT kemerdekaan RI yang sangat kita cintai ini.
    c.     Saudara-saudara sekalian, izinkan saya untuk mengulas sedikit pengorbanan para pejuang kita yang telah berhasil merebut kemerdekaan RI dari tangan penjajah.
    d.    saudara-saudara, hari ini 17 Agistus negara kita terbebas dari tangan penjajah. Oleh karna itu, marilah kita berterima kasih kepada para apahkawan kita yang begitu gagah berani pantang menyerah dalam berjuang

39. Judul karya tulis : Narkoba dan Bahayanya
    Paragaraf pengantar yang tepat untuk karya tulis dengan judul tersebut adalah.........
    a    Narkoba adalah barang yang  mengandung zat adiktif berbahaya. Zat ini dapat merusak sel saraf manusia. Zat ini juga dapat membuat ketergantungan yang berbahaya.
    b.    Penyebaran narkoba telah merambah segala lapisan. Tidak hanya mahasiswa, siswa SMP, dan SD pun telah terkontaminasi. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang narkoba dan bahayanya.
    c.    Orang yang telah kecanduan narkotika sulit penyembuhannya. Siapa pun tidak dapat menyembuhan. Penyembuhan berhasil kalau datang dari diri sendiri.
    d.     Narkoba harus di berantas. Para pelaku yang terlibat harus di hukum seberat-beratnya, tanpa pandang bulu. Tanpa hukum berat pelaku tak akan jera.

40.    Latar belakang
    Di Desa Sukamaju masih 50% anak lulusan SD tidak dapat melanjutkan ke SMP. Orang tua mereka, yang sebagian besar bekerja sebagai buruh tani, merasa tidak mampu membiayai anaknya melanjutkan sekolah. Oleh karena itu, diperlukan suatu usaha agar anak-anak tersebut terus dapat melanjutkan sekolah.
Rumusan masalah yang tepat untuk latar belakang tersebut adalah .........
a.    Bagaimana upaya orang tua agar anak lulusan SD di Desa Sukamaju dapat melanjutkan ke SMP ?
b.    Mengapa harus dilakukan peningkatan persentase agar anak lulus SD di Desa Sukamaju  ?
c.    Bagaimana upaya meningkatkan persentase melanjutkan ke SMP bagi siswa lulusan SD Sukamaju?
    d.    Kapan upaya harus dilakukan agar anak lulusan SD di Desa Sukamaju dapat  melanjutkan ke SMP ?
41.    Identifikasi masalah
    A.    Apakah hakikat koperasi?
    B.    Bagaimana peran koperasi dalam meningkatkan ekonomi petani?

    Latar belakang karya ilmiah yang tepat berdasarkan identifikasi masalah tersebut adalah...
    a.    Koperasi adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama. Mereka berkumpul untuk berusaha dengan tujuan kemakmuran bersama. Terutama bagi anggota koperasi.
    b.    Koperasi sudah marak dimana-mana. Terutama di kota besar, karena koperasi ini mudah berkumpul untuk mencapai kesejahteraan yang sama bagi anggota koperasi.
    c.    Dalam dunia prekonomian di masyarakat koperasi sangat dominan, terutama di daerah pedesaan. Koperasi sangat dekat dengan kehidupan petani. Berdasarkan hal tersebut, penulis ingin meneliti bagaimana peran koperasi terhadap peningkatan ekonomi petani.
    d.    Penulis terbaik meneliti koperasi karena orang tua penulis adalah ketua koperasi ditempat kami tinggal. Tentunya hal tersebut akan mempermudah kami mengerjakan karya tulis ini.
42.  Para siswa-siswa sekalian yang berbahagia, sekolah merupakan tempat untuk mencari ilmu dan pengetahuan. Di sekolah kalian belajar mengenal alam. Di sekolah kalian juga belajar untuk saling mengenal. Jadi, sudah selayaknya sekolah ini kalian jaga dengan baik. Bukan dikotori apalagi dicoret-coret.
    Perbaikan kalimat yang tidak efektif pada kalimat yang dicetak miring adalah .........
a.    Siswa-siswa yang berbahagia, sekolah merupakan tempat mencari ilmu dan pengetahuan.
b.    Para siswa sekalian sekolah merupakan tempat untuk ilmu dan pengetahuan.
c.    Para siswa-siswa yang berbahagia, sekolah merupakan tempat ilmu pengetahuan. 
d.    Siswa-siswa sekalian yang berbahagia, sekolah merupakan tempat mencari ilmu pengetahuan
43.     Kami bangga kepada para murid karena terlaksananya kegiatan ini. Murid-murid melaksanakan daripada kegiatan rutin yang selalu sering dilaksanakan setiap tahun.
    Perbaikan kalimat tidak efektif pada kalimat terakhir pidato tersebut adalah ..........
a.    Para murid melaksanakan kegiatan rutin yang selalu sering dilaksanakan setiap tahun.
b.    Murid-murid melaksanakan daripada kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahun.
c.    Murid-murid melaksanakan kegiatan rutin yang selalu dilaksanakan setiap tahun.
d.    Para murid melaksanakan daripada kegiatan rutin yang sering dilakukan setiap tahun.

44.   Perhatikan pantun berikut!

Menari sendiri terasa dingin
Bisa bergembira bersama dia
Mari kawan kita berdisiplin
Dengan disiplin kita bahagia

Pantun jawaban yang sesuai dengan pantun di atas adalah ...........
a.    Ke toko besi membeli jangkar        c. Hujan-hujan membawa tempayan   
Mampir ke pasar membeli kemiri            Hati-hati nanti terjatuh       
Sudah-sudah jangan bertengkar            Benar-benar katamu teman
    Lebih baik lihat sendiri                Jangan saling tuduh-menuduh

b.    Banyak peluh tidak ada angin        d. Kalau hujan suaranya gaduh
Bau badan jadi bertelungkup            Hujan reda udara jadi dingin
    Jangan suruh orang berdisiplin,            Daripada  uduh-menuduh
Kalau kamu sendiri belum sanggup            Lebih baik mulai disiplin

45.    Berangan besar di dalam padi,
    Rumpun buluh dibuat ....(1)
    Jangan ragu di dalam hati,
    Maklumlah saya baru ....(2)
    Kata yang tepat untuk melengkapi larik pantun tersebut adalah .........
a. (1) belajar, (2) pagar    c. (1) bundar, (2) belajar
b (1) pagar, (2) belajar     d. (1) pagar, (2) pintar

46.   Seorang anak sangat tertegun melihat temannya yang rela membantu ibunya mengantar dagangan ke sekolah-sekoliah. Setiap pagi ia melihat anak itu. Meskipun menggunakan seragam, anak itu tidak pernah malu menolong ibunya.

    Puisi yang tepat untuk melukiskan ilustrasi di atas adalah ..........

        a.    Wahai anak kecil...            c. hai kawan kecil
   engkau sangat lugu                aku sangat terkesan olehmu
ke mana engkau pergi                       ke mana engkau pergi
          di pagi buta ini                di pagi buta ini
apakah menolong ibu?            apakah menolong ibu?           
Untuk mengantar dagangan            Untuk mengantar dagangan
b.     hai kawan kecil                                d. hai kawan engkau sangat lugu
aku sangat terkesan olehmu            di pagi buta
setiap pagi                    kau tolong ibumu
kau bantu ibumu                mengantar dagangan
mengantar dagangan ke sekolah        di sekolah-sekolah
meski telah berseragam
kau tepiskan malu itu

47.      Ombak memecah di tepi pantai
      Angin berhembus lemah lembut
      .....
      Di ruang angkasa angin bergelut

      Larik bermajas yang sesuai untuk melengkapi baris ketiga puisi tersebut adalah...
      a.    Nyiur bergerak di tiup angin
      b.    Udara begitu terasa dingin
      c.    Puncak kelapa melambai-lambai
      d.    Langit hitam dan kelam

48.    Sarmin    : Harus antre? Aku malas , ah! (menenteng jerigen minyak tanah)
    Darto    : Ya, iya lah. Kamu lihat sana orang meletakkan jerigen minyak dalam
                        antrean! (menarik lengan Parto menunjuk ke arah depot minyak tanah)
    Sarmin    : Lalu, kapan aku memandikan kerbauku?
    Darto    : Ah, kamu ini ........
    Sarmin    : Kamu benar juga, Di!
    Kalimat yang tepat untuk melengkapi ucapan Pardi pada teks drama tersebut adalah
a.    Ambil kerbaumu dan mandikan saja segera, antrean masih panjang!
b.    Letakkan saja jerigen minyak tanahmu dalam antrean sementara kamu memandikan kerbau!
c.    Sebaiknya tanyakan berapa banyak orang yang antre sebelum memandikan kerbau!
d.    Itu depot minya tanah, sudah sana ambil jerigenmu !

49.    Cecep dan Budi berteman akrab. Setelah mendengar kabar dari Eko tentang keberhasilan Budi, Cecep pun menemui Badu untuk mengucapkan selamat.
    Cecep    : Saya mendengar kabar dari Eko bahwa kamu sudah lulus SMP bahkan kamu berhasil menjadi juara 1 di SMP-mu.
    Budi    : ( Tersenyum gembira menyambut kalimat pujian Doni) Betul Cep!
    Cecep    : .....
    Budi    : Terima kasih. Kudoakan juga semoga kamu sukses.
    Cecep    : ....   
    Berdasarkan ilustrasi, diaolog yang tepat untuk mengisi bagian rumpang naskah drama tersebut adalah...
    a. - Terima kasih ya, ayo kutraktir makan
        - Tapi makan baso aja ya teman!
    b. - Saya gembira,tapi jangan lupa kita ditraktir
        - Maukan mentraktir aku?
    c. - Saya turut bergembira atas keberhasilanmu. Selamat ya.
        - Terima kasih juga atas doamu.
    d. - Wah... jangan gitulah!
        - Makasih juga atas doamu.

50.     Andi adalah anak soleh dan ramah. Dia anak yatim yang sangat berbakti dan setia kepada ibunya. Pada saat liburan dia diajak oleh Toni dan Rudi camping ke hutan lindung. Ketika mereka akan berangkat, tiba-tiba ibu Andi mendadak sakit keras. Karena rencana sudah matang, kedua temannya tetap mengajak berangkat tanpa mempedulikan keadaan Andi. Andi menjadi bingung.
   
    Naskah drama yang paling tepat sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ....
a. Toni    : ( bersemangat ) Gimana An, sudah siap? Ayo berangkat!
    Andi    : Maaf, Ton, ibuku ... sakit mendadak. ( menunduk )
    Rudi    : Ala, mengapa lu pikirin. Nanti juga kan sembuh sendiri.
    Toni    : Iya An, rencana kita kan sudah matang. Ingat, demi kita!
    Andi    : ( bingung ) Gimana ya!
b. Rudi    : ( semangat ) Gimana An, sudah siapa? Ayo berangkat!
    Andi    : Maaf, Rud, Aku ragu ( menunduk )
    Toni    : Mengapa An, tiba-tiba kau berubah pikiran? Kita berangkat sajalah!
    Andi    : Ibuku sakit mendadak. Aku harus menunggunya.
    Rudi    : Jangan kita tunda keberangkatan ini.
    Andi    : Aduh, gimana dong? Kita memang sudah sepakat! Tapi ....( bingung )
c. Andi    : Ton, ibuku tiba-tiba sakit. Gimana rencana kita?
    Toni    : Rencana sudah matang. Kita harus tetap berangkat.
    Rudi    : Betul An, kita harus kompak.
    Andi    : Baik. Ibuku akan kubujuk biar merelakanku.
    Rudi    : Nah, gitu dong. Sepakat?
d. Rudi    : ( antusias ) Ton, gimana persiapanmu?
    Toni    : Oke. Aku tinggal cabut saja.
    Rudi    : Kamu gimana, An?
    Andi    : Sebenarnya ibuku sakit, tapi aku siap juga. Kita harus berangkat.
    Toni    : Demi kita, hidup Trio Singa. ( mereka menyatukan tangan )

KUNCI JAWABAN 
LATIHAN UJIAN NASOINAL MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA 

1    C    11    C    21    C    31    C    41    C
2    B    12    D    22    B    32    B    42    A
3    B    13    C    23    B    33    A    43    C
4    D    14    C    24    C    34    A    44    B
5    B    15    B    25    B    35    C    45    B
6    D    16    C    26    A    36    B    46    B
7    A    17    D    27    C    37    C    47    C
8    D    18    D    28    D    38    A    48    B
9    C    19    A    29    B    39    A    49    C
10  C    20    B    30    B    40    C    50    B
Itulah Contoh Soal Latihan dan Kunci Jawaban untuk menghadapi Ujian Nasionl bagi Siswa-Siswi SMP/MTs Kelas IX yang dapat kami sajikan pada kesempatan ini. Semoga mendapatkan nilai yang bagus, Sehingga bisa dterima di SMA/SMK/MA/ yang sederajat yang kamu idam-idamkan. Amin

0 Response to "Contoh Soal Latihan dan Kunci Jawaban UN Bahasa Indonesia Kelas IX SMP/MTs"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel