DOWNLOAD APLIKASI RAPORT K13 SD KELAS 1-6 SEMESTER 1 REVISI 2018 MULOK BAHASA SUNDA

DOWNLOAD APLIKASI RAPORT K13 SD KELAS 1-6 SEMESTER 1 REVISI 2018 MULOK BAHASA SUNDA - Raport Kurikulu 2013 harus dapat dimengerti oleh semua pihak, banyak guru yang belum memahami tentang hal ini, bahkan termasuk banyak juga orang tua siswa atau wali siswa yang bertanya mengapa nilai mata pelajaran IPA anak saya nilai 70 tetapi tidak memenuhi atau tidak mencapai KKM, sedangkan anak tetangga mata pelajaran IPA yang nilainya 68 telah memenuhi KKM.

Maka dengan hal tersebut di atas, sesuai dengan ketentuan nilai dalam Raport Kurikulum 2013 / Kurtilas (K-13) dan disandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM satu sekolah memiliki ketentuan atau potensi yang berbeda dengan KKM sekolah sebelah atau sekolah yang lainnya. Sesuai dengan kenyataan atau dengan istilah yang relevan atau bahasa inteleknya dalam Kurtilas yaitu Idealnya semakin tinggi KKM mata pelajaran atau sekolah yang bersangkutan semakin baik pula kualitas belajar, layanan maupun sarana prasarana pendidikan yang dimiliki sekolah yang bersangkutan.

Penentuan KKM muatan pelajaran merupakan kewenangan pendidik yang disetujui di tingkat Satuan Pendidikan melalui rapat dewan guru. KKM dapat dibuat berbeda untuk setiap mata pelajaran dan dapat juga dibuat sama untuk semua mata pelajaran pada suatu sekolah. Apabila sekolah menentukan KKM yang berbeda untuk setiap mata pelajaran, sekolah harus mempertimbangkan panjang interval setiap mata pelajaran.

Untuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang berbeda akan mengakibatkan interval predikat dan penentuan predikat yang berbeda. Contohnya, muatan pelajaran dengan KKM 75 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 75, sedangkan KKM 60 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 60. Hal ini berimplikasi antara lain pada format dan pengisisan rapor. Apabila sekolah menentukan KKM yang sama untuk semua mata pelajaran, misalnya dengan menjadikan KKM mata pelajaran paling rendah sebagai KKM satuan pendidikan. Hal ini akan menyederhanakan penentuan interval predikat serta format dan pengisian rapor.

KKM ini harus disosialisasikan terlebih dahulu oleh sekolah kepada masyarakat termasuk seluruh orang tua / wali siswa.
Jangan samakan KKM sekolah kita dengan sekolah yang lainnya, karena ini tidak akan sama, pasti ada perbedaannya.
Sebagai contoh kasus: Jika sekolah atau mata pelajaran di sekolah tertentu menetapkan KKM adalah 75, maka nilai di bawah 75 dinyatakan belum menenuhi KKM (belum lulus) atau memiliki predikat kurang.

Di bawah ini merupakan contoh penentuan predikat untuk KKM 75.
  • Predikat A (Kurang) yaitu memiliki nilai di bawah 93-100
  • Predikat B (baik) yaitu memiliki nilai di bawah 84-92
  • Predikat C (cukup) yaitu memiliki nilai di bawah 75-83
  • Predikat D (Kurang) yaitu memiliki nilai di bawah 75

Bandingkan dengan sekolah atau mata pelajaran di sekolah tertentu menetapkan KKM adalah 60. Maka nilai yang dinyatakan belum menenuhi KKM (belum lulus) atau memiliki predikat kurang adalah nilai yang di bawah 60.

Di bawah ini merupakan contoh penentuan predikat untuk KKM 60.
  • Predikat A (Kurang) yaitu memiliki nilai di bawah 87-100
  • Predikat B (baik) yaitu memiliki nilai di bawah 74-86
  • Predikat C (cukup) yaitu memiliki nilai di bawah 60-73
  • Predikat D (Kurang) yaitu memiliki nilai di bawah 60

Jadi dalam kurikulum 2013, nilai 75 pada suatu sekolah tertentu bisa jadi atau berpotensi berbeda dengan nilai 75 yang diperoleh di sekolah lainnya.

Itulah sedikit yang terkait dengan KKM yang memang ada dalam Aplikasi Raport Kurikulum 2013. Sekarang marilah kita ambil saja Raport Kurikulum 2013 yang telah kami revisi dengan Mulok Bahasa Sunda.
Aplikasi Raport K13 SD Kelas 1 Mulok Bahasa Sunda Rev 2017, https://bingkaiguru.blogspot.com
Aplikasi Raport K13 SD Kelas 1 Mulok Bahasa Sunda Rev 2017
APLIKASI RAPORT K13 SD KELAS 1-6 SEMESTER 1 REVISI 2018 MULOK BAHASA SUNDA, https://bingkaiguru.blogspot.com
APLIKASI RAPORT K13 SD KELAS 1-6 SEMESTER 1 REVISI 2018 MULOK BAHASA SUNDA
Kami persilahkan untuk yang belum memiliki, agar pada waktu proses mengerjakan tidak repot, maka mulailah dari sekarang.
  1. APLIKASI RAPORT SD K13 KELAS I SEMESTERM I Mulok Bahasa Sunda Revisi 2018
  2. APLIKASI RAPORT SD K13 KELAS 2 SEMESTERM I Mulok Bahasa Sunda Revisi 2018
  3. APLIKASI RAPORT SD K13 KELAS 3 SEMESTERM I Mulok Bahasa Sunda Revisi 2018
  4. APLIKASI RAPORT SD K13 KELAS 4 SEMESTERM I Mulok Bahasa Sunda Revisi 2018
  5. APLIKASI RAPORT SD K13 KELAS 5 SEMESTERM I Mulok Bahasa Sunda Revisi 2018
  6. APLIKASI RAPORT SD K13 KELAS 6 SEMESTERM I Mulok Bahasa Sunda Revisi 2018

Semoga apa yang kami share/bagikan ini bermanfaat, jangan lupa silahkan share/bagikan ke rekan-rekan Guru Sekolah Dasar lainnya. Khususnya di Provinsi Jawa Barat, karena Aplikasi ini kami revisi dengan menggunakan Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Sunda.

0 Response to "DOWNLOAD APLIKASI RAPORT K13 SD KELAS 1-6 SEMESTER 1 REVISI 2018 MULOK BAHASA SUNDA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel