Download Paket 02 Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia TO, PPUS-USBN Kelas VI SD/MI Tahun 2018

Download Paket 02 Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia TO, PPUS-USBN Kelas VI SD/MI Tahun 2018

Paket 02 Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia TO, PPUS-USBN Kelas VI SD/MI Tahun 2018-https://bingkaiguru.blogspot.com
Paket 02 Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia TO, PPUS-USBN Kelas VI SD/MI Tahun 2018
TRYOUT-PENERBIT AIRLANGGA
Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 1–4!
Listrik untuk Kehidupan
Kita memerlukan energi listrik untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, energi listrik merupakan salah satu sumber daya yang terbatas. Meskipun Indonesia memiliki banyak sumber pembangkit listrik, penggunaan energi listrik harus tetap dihemat. Hal tersebut dikarenakan energi listrik yang dihasilkan belum mampu mencukupi seluruh kebutuhan negara terhadap listrik. Akhirnya, program pemadaman bergilir pun dilakukan pemerintah di beberapa wilayah sebagai upaya pemerataan pemakaian energi listrik.

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membantu pemerintah dalam menghemat energi listrik. Misalnya, mematikan lampu saat akan tidur dan mematikan televisi jika tidak ditonton.

Mematikan barang elektronik setelah digunakan dapat memberikan dampak besar bagi orang lain. Saat kita menghemat pemakaian energi listrik, listrik tersebut dapat disalurkan ke daerah lain yang belum mendapat atau kekurangan pasokan energi listrik. Dengan demikian, kita juga turut membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan energi listrik.

1. Kalimat utama paragraf ketiga adalah . . ..
A. Mematikan barang elektronik setelah digunakan dapat memberikan dampak besar bagi orang lain.
B. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membantu pemerintah dalam menghemat energi listrik.
C. Kebiasaan menghemat energi listrik dapat berdampak besar dalam kehidupan.
D. Kita hanya perlu menghemat energi listrik untuk membantu pemerintah.

2. Ide pokok paragraf pertama adalah . . .
A. Pentingnya listrik dalam kehidupan manusia.
B. Meningkatnya peran listrik untuk kehidupan.
C. Dasar diterapkannya pemadaman bergilir.
D. Menumbuhkan sikap menghemat listrik.

3. Simpulan paragraf ketiga adalah . . .
A. Persediaan listrik belum mencukupi untuk beberapa wilayah di Indonesia.
B. Mematikan lampu saat akan tidur merupakan salah satu upaya menghemat listrik.
C. Pemerataan pemakaian energi listrik merupakan faktor dilakukannya pemadaman bergilir.
D. Menghemat listrik sebagai upaya menolong orang lain dalam memenuhi kebutuhan energi listrik.

4. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf pertama adalah . . .
A. Salah satu cara menghemat listrik adalah mematikan barang elektronik.
B. Listrik dapat dibangkitkan dengan tenaga surya dan tenaga angin.
C. Penyebaran pembangkit listrik masih belum merata.
D. Listrik merupakan sumber daya yang terbatas.
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 6!
Pada umumnya, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus. Virus tersebut menyerang saluran pernapasan sehingga mengakibatkan sakit tenggorokan. Kebanyakan sakit tenggorokan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, untuk membantu meringankan rasa sakit, minumlah air hangat yang diberi perasan lemon dan madu.

5. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah . . .
A. Berapa banyak takaran lemon dan madu yang diperlukan untuk meringankan rasa sakit?
B. Siapa yang dapat menangani virus yang menyerang saluran pernapasan?
C. Apa yang dilakukan untuk mengurangi rasa sakit di tenggorokan?
D. Bagaimana cara mencegah penyakit tenggorokan?

6. Bagaimana cara mengurangi rasa sakit di tenggorokan?
A. Minum air hangat dicampur air perasan lemon dan madu.
B. Membasuh tenggorokan menggunakan air perasan lemon.
C. Meminum madu dicampur dengan lemon secukupnya.
D. Mengompres bagian tenggorokan dengan air hangat.

7. Bacalah paragraf berikut!
Taman nasional merupakan kawasan konservasi yang dimanfaatkan untuk melestarikan serta melindungi hewan dan tumbuhan langka. Taman nasional berfungsi untuk mempertahankan habitat asli hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya, sehingga ekosistem yang terbentuk tetap terjaga. Keberadaan taman nasional dapat mengendalikan perburuan hewan liar yang kerap dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, konfl ik lingkungan yang kerap terjadi antara manusia dan hewan liar dapat dihindari.
Hal yang mungkin terjadi jika tidak ada taman nasional adalah . . . .
A. hewan dan tumbuhan langka tetap terjaga kelestariannya dan semakin banyak jumlahnya seiring dengan kepedulian manusia terhadap keberadaan hewan dan tumbuhan langka
B. terjadi konfl ik lingkungan antara hewan dan manusia yang disebabkan oleh rusaknya ekosistem dan habitat asli hewan tersebut
C. pemburu hewan langka akan dijerat hukuman yang setimpal karena telah merusak ekosistem dan habitat asli hewan langka
D. banyak wisatawan yang datang berkunjung dan ikut berperan dalam melestarikan hewan dan tumbuhan langka

8. Bacalah ilustrasi berikut!
SD Pertiwi mengadakan penggalangan dana untuk membantu korban banjir di Garut. Kepala sekolah mengimbau setiap siswa untuk memberikan sumbangan berupa uang atau sembako secara sukarela. Setelah sumbangan terkumpul, pihak sekolah menghitung jumlah uang dan menimbang sembako. Sumbangan berupa uang terkumpul sebesar Rp2.350.000,00. Sumbangan beras terkumpul 50 kg. Sumbangan gula terkumpul 35 kg. Sumbangan telur terkumpul 12 kg. Sumbangan minyak goreng terkumpul 28 kg. Perhatikan tabel yang memuat informasi penting dari ilustrasi tersebut.
Perhatikan tabel yang memuat informasi penting dari ilustrasi tersebut.
Dan seterusnya ...
50.Bacalah paragraf berikut!
Semalam terjadi bencana tanah longsor di Desa Sindangsari. Sebanyak 17 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal karena rumah mereka tersapu longsoran tanah. Seluruh penduduk mengungsi di penampungan sementara di desa tetangga. Mereka tidak hanya kehilangan rumah, harta benda di dalamnya pun ikut rusak. Para penduduk dengan khawatir keadaan mereka tertimpa setelah tersebut bencana.
Perbaikan kalimat bercetak miring agar membentuk tata kalimat yang benar adalah . . .
A. Para penduduk khawatir dengan keadaan mereka setelah tertimpa bencana tersebut.
B. Para penduduk dengan mereka khawatir keadaan setelah tertimpa bencana tersebut.
C. Para penduduk khawatir dengan setelah tertimpa keadaan mereka bencana tersebut.
D. Mereka khawatir dengan para penduduk setelah tertimpa keadaan bencana tersebut.

KUNCI JAWABAN
Kunci Jawaban Tryout 02 PPUS USBN Bahasa Indonesia-https://bingkaiguru.blogspot.com
Kunci Jawaban Tryout 02 PPUS USBN Bahasa Indonesia
Kunci Jawaban Tryout 02 
Bahasa Indonesia
31. A       47. C
32. C       48. B
33. D       49. B
34. C       50. A
35. A
36. A
37. B
38. B
39. A
40. B
41. D
42. A
43. A
44. C
45. C
46. D


Selengkapnya ada pada file di bawah ini.
Download Paket 01 Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia TO, PPUS-USBN Kelas VI SD/MI Tahun 2018
Download Jadwal Pelaksanaan Latihan Ujian, UKK, Dan USBN SD Tahun Pelajaran 2018/2019
DOWNLOAD BUKU JURNAL HARIAN KURIKULUM 2013 KELAS VI SEMESTER 1 SD SUDAH JADI 
Kiranya cukup dulu ya sampai disini. Selamat belajar dan sukses selalu. 

0 Response to "Download Paket 02 Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia TO, PPUS-USBN Kelas VI SD/MI Tahun 2018"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel