Inilah Kumpulan Buku Petunjuk Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawai (SAPK) BKN
Belum terintegrasinya data PNS satu sama lain kerap mengakibatkan terjadinya duplikasi data yang kemudian menyebabkan inefisiensi dalam penanganan masalah kepegawaian. Menyikapi hal tersebut BKN mengembangkan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) online yang menggunakan satu basis data PNS.
Buku Panduan SAPK PENGADAAN BKD/INSTANSI |
SAPK digunakan dalam berbagai proses layanan kepegawaian seperti penetapan NIP, pencetakan surat keputusan pengangkatan CPNS, pemberian nota persetujuan/pertimbangan teknis kenaikan pangkat, penetapan dan pencetakan surat keputusan pemberhentian dengan hak pensiun dan updating data mutasi.
Fasilitas akses SAPK disediakan untuk seluruh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota ataupun Biro Kepegawaian di Instansi Pusat. Bagi instansi yang sudah teregister di BKN aka diberikan kode akses yaitu user-id dan password, sehingga dapat mengakses database kepegawaian yang ada di BKN.
Inilah Kumpulan Buku Petunjuk Aplikasi SAPK dan HRMA:
Silahklan unduh pada link berikut.
Di bawah ini adalah Buku Saku Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK):
Silahkan unduh link di bawah ini.
- Buku saku setting akses SAPK baru
- Buku saku peremajaan data SAPK baru
- Buku saku pensiun SAPK baru
- Buku saku Kenaikan Pangkat SAPK baru
- Buku saku HRMA SAPK baru
1. MEKANISME DAN FITUR BARU
1.1.ALUR KERJA (WORKFLOW)
Berikut adalah Kumpulan Buku Petunjuk Aplikasi SAPK dan HRMA:
Alur kerja adalah pemetaan serangkaian kegiatan (input-proses-output) yang dibuat berdasar pelayanan sesungguhnya di lapangan. Alur kerja adalah cetak biru pelayanan, sehingga semua pihak yang terkait dapat mempunyai pandangan seragam secara visual tentang:
- Kegiatan (jenis, uraian, urutan dan banyaknya)
- Para pelaku/profil setiap kegiatan
- Dimensi waktu (waktu rata-rata yang dibutuhkan setiap kegiatan, waktu mulai setiap layanan, tenggat waktu, periode)
- Data, informasi, laporan, semua dokumentasi yang diperlukan dan yang dihasilkan
1.2. MANAJEMEN BERKAS
Semua data, informasi, berkas elektronis yang terkait dan berhubungan pada sebuah pelayanan dirangkum dalam sebuah folder yang intuitif dan mudah diakses.
1.3. MEKANISME INBOX
- Inbox ditampilkan utk setiap profil sehubungan dengan prosedur Pengadaan, KP dan Pensiun.
- Inbox menampilkan semua berkas yang harus diproses oleh profil tersebut.
- Mencari berkas mudah dan cepat, karena akan ada filter tool: filter dgn nomor proposal, NIP, nama, status berkas, nama prosedur, atau kombinasi.
- Berkas akan diblok dari pengguna yang lain ketika sedang diproses. Dalam kasus pengguna sakit atau tidak ditempat ketika mengerjakan sebuah berkas, blok dapat dibuka.
- Setiap proses perubahan yang dilakukan pada berkas dicatat dalam tabel LOG untuk tujuan pengawasan.
1.4. PROFIL PENGGUNA (USER PROFILE)
Profil adalah sebuah template peran (Role) dengan seperangkat aturan untuk pengguna aplikasi dimana ditentukan:
- Kegiatan (memeriksa dokumen, memeriksa perhitungan, mencetak SK, dll).
- Urutan kegiatan (aktifitas pertama A, apabila semua dokumen lengkap lakukan aktifitas B, jika tidak lakukan C, dst).
- Modus & hak (read only, modify/update, delete, dll).
- Modul/layanan yang dapat diakses (Pengadaan Umum, KP s/d 3b, dsb).
- Menu & operasi yang dapat dilakukan.
- Data, informasi, dokumen yang dapat diakses dan operasi apa saja yang dapat/harus dilakukan pada dokumen/informasi tersebut.
BUKU PANDUAN SISTEM APLIKASI PELAYANAN KEPEGAWAIAN (SAPK) PENGADAAN BKD/INSTANSI |
Barcode akan tercetak pada dokumen penting, sehingga apabila ada informasi yang diubah di dokumen tersebut, nilainya menjadi tidak sama dengan nilai pada barcode. Setiap dokumen akan mempunyai barcode yang berbeda, bahkan untuk dokumen yang sama tapi dicetak lagi, maka barcode dokumen pertama akan diblok, tidak berlaku lagi, hal ini untuk mengurangi modus kecurangan.
2. SOP LAYANAN PENGADAAN
Diagram SOP |
Deskripsikan Isu dengan jelas, rinci, dan sertakan semua informasi yang diperlukan. Sertakan screenshots untuk informasi tambahan (lalu upload file tersebut sebagai lampiran).
0 Response to "Inilah Kumpulan Buku Petunjuk Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawai (SAPK) BKN"
Post a Comment