Download Program Kerja dan Jadwal Kegiatan Pembiasaan Siswa di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2019/2020

Dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa Pendidikan adalah merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana pembelajaran dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, penegmbangan diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Sedangkan Pendidikan Nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap keadaan perkembangan tuntutan zaman.

Sistem pendidikan nasional adalah keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait dan terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Tujuan pendidikan nasional merupakan faktor yang sangat penting di dalam pendidikan, karena tujuan merupakan arah yang akan dicapai atau yang hendak dituju oleh pendidikan.

Dengan demikian penyelenggaraan satuan pendidikan yang tidak dapat dilepaskan dari suatu tujuan pendidikan yang hendak dicapainya. 

Berdoa bersama merupakan salah satu contoh Pembelajaran Pembiasaan Siswa SD, https://bingkaiguru.blogspot.com
Berdoa bersama merupakan salah satu contoh Pembelajaran Pembiasaan Siswa SD
Fungsi tujuan pendidikan nasional dalam UU no. 20 / 2003 mengembangkan kemampuan dan membangun watak serta peradaban bangsayang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, ini bertujuan untuk mengembangkan fotensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berilmu, sehat, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 

Pendidikan karakter merupakan pendidikan moral atau moral education dalam keadaan sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang mengalami keadaan seperti sekarang di negara kita ini. Kedaan kita sekarang ini misalnya adanya pergaulan bebas, kebiasaan anak sekolah mencontek, dan perusakan milik oreng lain menjadi hal yang biasa dilakukan. Ini merupakan hal pembiasaan yang buruk dilakukan, maka dengan demikian sangat pengnya pendidikan karakter untuk ditanamkan pada anak-anak kita agar memiliki pembiasaan yang baik menurut bangsa, agama dan sosial budaya bangsa kita.

Kegiatan pendidikan pembiasaan membangun oendidikan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan perilaku kegiatan positif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Pembiasaan dis sekolah merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang untuk setiap harinya, baik dilakukan secara bersama-sama maupun secara sendiri-sendiri atau individual. Dengan kegiatan seperti pembelajaran ini akan menghasilkan kompetensi yang kompoeteituf pada peserta didik.

Pengembangan kakakter pada peserta didik dapat melalui pembelajaran pembiasaan yang terjadwal dengan baik di dalam maupun di luar kelas. Pembiasaan Pembelajaran di sekolah dapat dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan, spontan, keteladanan dan terprogram.

Kegiatan rutin merupkan kegiatan yang dilaksanakan secara reguler dan terus menerus di sekolah. Tuhuan ini untuk membiasakan siswa melakukan sesuatu dengan baik. yang termasuk kegiatan rudian diantaranya adalah :
  • Kegiatan membacakan doa sebelum dan sesudah belajar, tujuan anak sudah terbiasa sebelum dan sesudah melakukan aktifitas selalu berdoa.
  • Kegiatan membacakan Almaulhusna, membiasakan peserta didik untuk berzikir, mengingat Nama-Nama Allah.
  • Melakukan atau melaksankan Upacara Bendera, tujuannya anak menghormat kepada bendera merah putih ini menningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme. Ini dapat dilakukan setiap hari dengan ada pemasangan Bedera Merah Putih di dalam kelas dengan cara ini ketua kela memberi aba-aba untuk memberikan hormat secara serempak.
  • Solat Duha bersama-sama
  • Tadarus Al-Qur'an
  • Solat Dzuhur berjamaah
  • Infak Siswa
  • Menjaga kebesihan pribadi dan kelas
Hal lain yand dapat dijadikan pembelajaran pembiasaan yang dilakukan oleh peserta didik yaitu diantaranya :
1. ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
2. Sopan santun
3. Pengunaan bahasa
4. Amal zariah, dll.

Sevara lengkapnya sudah akmi buat dalam Program Kerja dan Jadwal Pembiasaan untuk Siswa SD ini beralku utuk Tahun Pelajaran 2019/2020.
Jadwal Kegiatan Pembiasaan Siswa SD Tahun Pelajaran 2019/2020, https://bingkaiguru.blogspot.com
Jadwal Kegiatan Pembiasaan Siswa SD Tahun Pelajaran 2019/2020

  Program Kerja Kegiatan Pembiasaan Siswa SD Tahun Pelajaran 2019/2020, https://bingkaiguru.blogspot.com
Program Kerja Kegiatan Pembiasaan Siswa SD Tahun Pelajaran 2019/2020
Silahkan download pada tautan di bawah ini !

Baca juga :
Download Program Kerja Ekstrakurikuler Kepanduan Gerakan Pramukan SD/MI Tahun Ajaran 2019/2020
Salam Pramuka,,,, Pendidikan Kepramukaan merupakan Kegiatan Ektrakurikuler yang wajib diikuti oleh tingkat satuan pendidikan d…
Download Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah SD Lengkap
Contoh Program Supervisi Kepala Sekolah SD Lengkap - Puji dan syukur  dipersembahkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa , atas rahmat dan karunia-Nya jualah kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Supervisi Tahun ………….. pada SD ……………….. Program Supervisi Tahun ………….. pada SD  …………. ini disusun dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah..

Semoga anak-anak kita menjadi anak-anak yang soleh dan solehah hirmat pada guru, hormat kepada yang lebih tua, menyayangi pada sesama, mengabdi keoada orang tua, bangsa dan negara, dan menjadikan anak yang beriman, bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, displin berani karena benar, setia melakukan sesuatu yang dianggap baik dan benar secara mumu, tidak mementingkan diri sendiri, dan banyak lagi yang lainnya. Program ini hanyalah sebaian contoh saja tetapi masih bahyak pembelajaran pembiasaan yang dapat dikembangkan oleh guru-giri yang kreatif, inovatif dan memiliki integritas yang tinggi, silahkan buat yang lebih baik program pembiasaan siswa ini. Niscahya anak-anak kita akan menjadi penerus kita yang handak di masa mendatang. Semoga saja... Amiin

0 Response to "Download Program Kerja dan Jadwal Kegiatan Pembiasaan Siswa di Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2019/2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel