Unduh, Download Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI Revisi 2017

KEPALA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA BARAT
Sejak tahun 2001 rencana perubahan kurikulum sudah sampai ke sekolah. Kurikulum 2004 diganti kurikulum baru yang berorientasi kepada kompetensi. Semrentara itu dalam rangka pemantapannya beberpa mata pelajaran termasuk muatan nasional sudah diujicobakan, sehingga masa trasisi mata pelajaran antara kurikulum lama dan yang baru makin terasa.

Balai Pengembangan Bahasa Darah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sejak tahun 2003 sudah mengadakan pemantauan terhadap kenyataan ini, khususnya yang berkaitan dengan (1) kurikulum, (2) bahan ajar (3) sarana dan sumber belajar, dan (4) pelaksanaan pelajaran. Sejalan dengan keluarnya kurikulum 2013 terdapat tiga jenis kurikulum, yakni Kurikulum Tingkat Nasional, Kurikulum Tingkat Daerah, dan Kurikuluim Tingkat Sekolah. Kurikulum Tingkat Nasional disusun dan diberlakukan secara nasional, Kurikulum Tingkat Daerah disusun dan diberlakukan dan di daerah berdasarkan Kurikulum Tingkat Nasioanl sesuai dengan kebijakan daerah masing-masing. Sementara Kurikulum Tingkat Sekolah disusun dan diberlakukan setiap jenjang sekolah.

Dalam rangka memenuhi Kutikulum Tingkat Daerah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menyususn Kompetensi Inti dan Konoetensi Dasar (KIKD) Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda dikeluarkan sebagai arahan atau pedoman bagi guru dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) isinya memuat Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang harus disusun dan dikembangkan oleh guru dan sekolah yang berisi KI, KD, Indikator, pengalaman belajar, linbgkup materi, dan jenis evaluasi. Penyususnan kurikulum tersebut dapat disesuaikan ngan keadaan dan kondisi setempat.

Masih berhubungan dengan keadaan setempat yang berbeda dengan lainnya, ;perlu dipertimbangkan pengelompokkan keadaan (kategorisasi lokal), baik diwilayah pemakaian bahasa Sunda maupun wilayah yang memiliki dialek bahasa sunda atau bahasa daerah lain seperti Betawai-Melayu di daerah Depok dan Bekasi, serta bahasa Cirebon diwilayah Cirabon dan Indramayu. Bahasa-bahasa daerah tersebut termasuk bahasa daerah yang hidup di Provinsi Jawa Barat sesuai dengan Peraturan Daerah Jawa Barat No. 5/2003 tentang pelestarian Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah, yang kemudian diubah menjadi Perda No. 14/2014.

Sebagai Kurikulum Tingkat Daerah Muatan Lokal yang mengacu pada Kurikulum Nasional, KIKD mata pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 dilakukan revisi tahun 2017. Revsisi tersebut berkaitan dengan perusan KD dan Pemetaan Materi Ajar Bahasa Saerah mempertimbangkan keragaman lokalitas dan mewadahi fenomena kebahasaan dan pola komunikasi yang berkembang di lingkungan masyarakat.

Revsisi Kurikulum ini dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, yang untuk kepentingan regional Jawa Barat disusn berdasakan Pergub Jabar Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Pembelajaran Muatan Lokal Bahas dan Sastra Daerah pada jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah di Jawa Barat, dan Surat Keputusan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Nomor 819/8653-Setdisdik tanggal 20 Pebruari 2017 tentang Pengembangan Kurikulum Mulok Bahasa dan Sastra Sunda.

Terima kasim kepada Tim Ahli dan Tim Pengembang Kurikulum (TPK) Jenjang SD, SMP dan SMA/SMK Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Dinsa Pendidikan Provinsi Jawa Barat, yang telah berkenan melakukan revisi Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Sunda berbasis Kurikulum 2013. Semoga semua ini dapat dirasakan manfaatnya oleh dunia pendidikan kita.
Kurikulum Mulok Bahasa dan Sastra Sunda Kurikulum 2013 Revsisi 2017, https://bingkaiguru.blogspot.com
Kurikulum Mulok Bahasa dan Sastra Sunda Kurikulum 2013 Revsisi 2017
Silahkan bagi yang memerlukannya unduh saja pada link tautan di bawah ini !
Semoga buku ini ada kemanfaatan di dalamnya dan pada akhirnya membawa pada perbaikan dalam pembinaan, pengembangan, pelestarian bahasa dan sastra daerah melalui jalur pendidikan di daerah Jawa Barat.
Baca :
Prinsip-Prinsip Penilaian Dalam Kurikulum 2013
Pada kesempatan kali ini blog goeroe akan membagikan tentang Prinsip-prinsip Penilaian Dalam Kurikulum 2013, dengan tujuan untuk pembendahraan ilmu pengetahuan tentang hal tersebut. Karena perkembangan pendidikan khususnya kurikulum memang berubah-ubah, maka dengan itu kita sebagai pendidik di tuntut untuk selalu mencari, menggali iptek tentang kependidikan. Prinsip-Prinsip...
10 Instrumen Bukti Fisik dan Penjelasan Standar Isi Akreditasi dari 119 Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2019
Inilah 10 Instrumen Bukti Fisik dan Lengkap Dengan Penjelasan Standar Isi Akreditasi dari 119 Bukti Fisik Akreditasi SD/MI 2019 …

0 Response to "Unduh, Download Kurikulum Muatan Lokal Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda Berbasis Kurikulum 2013 Jenjang SD/MI Revisi 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel