Kisi-Kisi dan Pedoman Penilaian PAS / PAT (Penilaian Akhir Semester/Tahun) Semester 2 Kelas 1, 2, 4, 5 SD

Bingkai Guru - Dalam proses pembelajaran akan selalu dengan diadakannya evaluasi atau penilaian, baik itu penilaian/evaluasi/test formatif, penilaian tengah semster, maupun penilaian akhir semester/penilaian akhir tahun atau semester 2. Ketika guru akan memberikan tes atau ulangan pait PTS, PAS/PAT harus lah mengacu kepada kisi-kisi dan panduan penilaian yang sesuai dengan puskur (pusat kurikulum). Tujuannya aga dalam menyusun soal tidak salah, karena soal tergantung kepada kisi-kisi dan pedoman penilaian. Sesuai kisi-kisi yang telah tersedia akan ditemukan ranah-ranah C-1, C-2, C-3, C-4, C-5, C-6. Ini merupakan ranah pengetahuan, keterampilan, sikap, dan akan ditentukan tingkat mudah, sedang, dan kesukaran soa-soal yang dibuat.
Pada kali ini kami akan share tentang Kisi-Kisi dan Pedoman Penilaian Penilaian Akhir Semester/ Penilaian Akhir Tahun atau tang disingkat dengat PAS/PAT Khusus Semester 2 Kurikulum 2013 Kelas 1, 2, 4, dan 5 jenjang Sekolah Dasar (SD). Kisi-Kisi Soal dan Pedoman penilaian ini kami sajikan dalam format Microsoft Excel, dengan excel ini guru tidak perlu menghitung kembali sebab kami susun dengan sebuah aplikasi yang otomatis.
Maka dari sebagai gambaran, silahkan lihat di bawah ini.
Kisi-Kisi dan Pedoman Penilaian PAS / PAT (Penilaian Akhir Semester/Tahun) Semester 2 Kelas 1, 2, 4, 5 SD
Kisi-Kisi dan Pedoman Penilaian PAS / PAT (Penilaian Akhir Semester/Tahun) Semester 2 Kelas 1, 2, 4, 5 SD
Untuk lebih memahami tentang pembuatan kisi-kisi lihat saja di bawah ini.
PENYUSUNAN KISI-KISI : 
Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat informasi / kriteria yang dapat dijadikan pedoman untuk menulis / merakit tes Kisi-kisi disusun berdasar tujuan penggunaan tes Melalui kisi-kisi dapat diketahui arah dan tujuan setiap soal

PENGERTIAN TES : 

adalah himpunan pertanyaan yang harus dijawab, atau pernyataan yang harus dipilih / ditanggapi, atau tugas- tugas yang harus dilakukan oleh orang yang dites (testee) dengan tujuan mengukur suatu aspek (perilaku) tertentu dari testee Tes mengukur tingkat kemampuan siswa dalam menguasai bahan pelajaran yang telah diajarkan kepadanya

KEGUNAAN KISI-KISI : 

KEGUNAAN KISI-KISI Pedoman dalam penulisan soal hingga menghasilkan soal sesuai dengan tujuan tes Pedoman dalam perakitan butir soal hingga terhimpun menjadi perangkat tes yang siap digunakan Kisi-kisi yang baik akan dapat menghasilkan perangkat soal yang baik pula

SYARAT-SYARAT KISI : 

Mewakili isi kurikulum yang diujikan Komponen-komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami Soal-soalnya dapat dibuat sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan

KOMPONEN KISI-KISI : Komponen identitas Jenjang pendidikan Program / jurusan Mata pelajaran Kurikulum yang diacu Alokasi waktu Jumlah soal Bentuk soal

KOMPETENSI( LEARNING OUTCOME = ATTAINMENT TARGET ) : 

Aspek kemampuan yang harus dikuasai siswa setelah mempelajari bahan kajian tertentu Kompetensi yang dikuasai hendaknya merupakan perpaduan kemampuan, baik dari segi pengetahuan + pengalaman + kreasi pengembangannya

MATERI :

MATERI Uraian materi dari soal yang hendak disusun Uraian materi disusun oleh penulis kisi-kisi Uraian materi dapat dirumuskan secara spesifik atau umum

INDIKATOR : 

INDIKATOR Suatu rumusan tingkah laku yang dapat diamati sebagai pertanda atau indikasi tujuan pembelajaran (kompetensi dasar) sudah dikuasai oleh siswa Suatu rumusan yang menggunakan kata kerja operasional yang memuat perilaku siswa dan materi yang akan diukur sesuai dengan materi terpilih Rumusan indikator harus dapat diukur dan menggambarkan tingkat kemampuan siswa dari suatu topik bahasan

KRITERIA INDIKATOR : 

KRITERIA INDIKATOR Memuat ciri-ciri perilaku yang terdapat pada tujuan pembelajaran Memuat tingkat atau level pengetahuan dalam rumusan kata kerja operasional Berkaitan dengan uraian materi, pokok bahasan / tema / konsep Dapat disusun soalnya

FORMAT KISI-KISI 

Jenjang Pendidikan : Mata Pelajaran :Acuan :Alokasi waktu :Jumlah soal :Bentuk soal : Penulis : Unit Kerja : 
Untuk itu yang lagi membutuhkan kisi-kisi dan pedoman penilaian silahkan unduh di bawah ini.
Demikianlah yang dapat kami share kali ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kisi-Kisi dan Pedoman Penilaian PAS / PAT (Penilaian Akhir Semester/Tahun) Semester 2 Kelas 1, 2, 4, 5 SD"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel