Download Buku Catatan Kejadian Sehari-Hari SD Tahun Pelajaran 2018/2019
Buku Catatan Kejadian Sehari-Hari SD Tahun Pelajaran 2018/2019. Itulah file yang akan dibagikan pada kali ini. dan dapat di unduh / di download pada akhir artikel.
Aktivitas dalam proses belajar mengajar adalah rangkaian kegiatan yang meliputi keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran, bertanya hal yang belum jelas, mencatat, mendengar, berpikir, membaca dan segala kegiatan yang dilakukan yang dapat menunjang prestasi belajar.
Menurut Dimyati (2009: 114) keaktifan siswa dalam pembelajaran memiliki bentuk yang beraneka ragam, dari kegiatan fisik yang mudah diamati sampai kegiatan psikis yang sulit diamati. Kegiatan fisik yang dapat diamati diantaranya adalah kegiatan dalam bentuk membaca, mendengarkan, menulis, meragakan, dan mengukur. Sedangkan contoh kegiatan psikis diantaranya adalah seperti mengingat kembali isi materi pelajaran pada peremuan sebelumnya, menggunakan khasanah pengetahuan yang dimiliki untuk memecahkan masalah, menyimpulkan hasil eksperimen, membandingkan satu konsep dengan konsep yang lain, dan lainnya.
Senada dengan pendapat Dimyati tersebut, Paul D. Dierich (dalam Hamalik, 2011: 172) membagi aktivitas belajar ke dalam 8 kelompok, yaitu:Kegiatan-kegiatan visual, yang termasuk di dalam kegiatan visual diantaranya membaca, melihat gambar-gambar, mengamati eksperimen, demonstrasi, pameran, dan mengamati orang lain bekerja atau bermain.
Menurut Dimyati (2009: 114) keaktifan siswa dalam pembelajaran memiliki bentuk yang beraneka ragam, dari kegiatan fisik yang mudah diamati sampai kegiatan psikis yang sulit diamati. Kegiatan fisik yang dapat diamati diantaranya adalah kegiatan dalam bentuk membaca, mendengarkan, menulis, meragakan, dan mengukur. Sedangkan contoh kegiatan psikis diantaranya adalah seperti mengingat kembali isi materi pelajaran pada peremuan sebelumnya, menggunakan khasanah pengetahuan yang dimiliki untuk memecahkan masalah, menyimpulkan hasil eksperimen, membandingkan satu konsep dengan konsep yang lain, dan lainnya.
Senada dengan pendapat Dimyati tersebut, Paul D. Dierich (dalam Hamalik, 2011: 172) membagi aktivitas belajar ke dalam 8 kelompok, yaitu:Kegiatan-kegiatan visual, yang termasuk di dalam kegiatan visual diantaranya membaca, melihat gambar-gambar, mengamati eksperimen, demonstrasi, pameran, dan mengamati orang lain bekerja atau bermain.
- Kegiatan-kegiatan visual, yang termasuk di dalam kegiatan visual diantaranya membaca, melihat gambar-gambar, mengamati eksperimen, demonstrasi, pameran, dan mengamati orang lain bekerja atau bermain.
- Kegiatan-kegiatan lisan (oral), yang termasuk di dalamnya antara lain mengemukakan suatu fakta atau prinsip, menghubungkan suatu kejadian, mengajukan pertanyaan, memberi saran, mengemukakan pendapat, wawancara, diskusi dan interupsi.
- Kegiatan-kegiatan mendengarkan, yang termasuk di dalamnya antara lain mendengarkan penyajian bahan, mendengarkan percakapan atau diskusi, mendengarkan suatu permainan, mendengarkan radio.
- Kegiatan-kegiatan menulis, yang termasuk di dalamnya antara lain menulis cerita, menulis laporan, memeriksa karangan, bahan-bahan kopi, membuat rangkuman, mengerjakan tes, dan mengisi angket.
- Kegiatan-kegiatan menggambar, yang termasuk di dalamnya antara lain menggambar, membuat grafik, chart, diagram peta, dan pola.
- Kegiatan-kegiatan metrik, yang termasuk di dalamnya antara lain melakukan percobaan, memilih alat-alat, melaksanakan pameran, membuat model, menyelenggarakan permainan, menari, dan berkebun.
- Kegiatan-kegiatan mental, yang termasuk di dalamnya antara lain merenungkan, mengingat, memecahkan masalah, menganalisis, melihat, hubungan-hubungan dan membuat keputusan.
- Kegiatan-kegiatan emosional, yang termasuk di dalamnya antara lain minat, membedakan, berani, tenang, dan lain-lain.
Contoh kejadian sehari-hari dalam kelas ketika proses belajar mengajar berlansung :
- siswa tidur pada waktu pembelajaran berlansung,
- berkelahi,
- ada siswa yang sakit,
- salah seorang menggangu teman yang sesang menukis,
- anak tidak mau menulis,
- siawa pulang belum waktunya, dll.
Contoh kejadian sehari-hari di luar kelas yang terikat dalam PBM berlansung :
- Siswa pingsan ketika upaca berlangsung
- Siswa berada di tempat lain ketika sedang istirahat (misal main game)
- Siswa bekelahi dengan kelas lain, dll
silahkan cari lagi yang lainnya !!
Semua kejadian sehari-hari yang berkaitan dengan peserta didik harap dimasukan ke dalam buku catatan kejadian sehari-hari.
Untuk lebih jelasnya tentang buku catatan kejadian sehari-hari, lihat bambag di bawah ini.
Cover / Sampul Buku Catatan Kejadian Sehari-Hari SD Tahun Pelajaran 2018/2019 |
BUKU CATATAN KEGIATAN SEHARI-HARI
Buku Catatan Kejadian Sehari-Hari SD Tahun Pelajaran 2018/2019 |
Silahkan unduh / download file di bawah ini.
Selesai di download, printout dan silahkan perbanyak untuk dijadikan buku sebagai administrasi yang dapat didokumenkan secara pribadi.
Demikianlah yang dapat kami bagikan. Semoga sedikit membantu Bapak dan Ibu Guru dalam menjalankan kegiatan yang mulia ini. Semoga semua amal dan kebagikan Bapak dan Ibu Guru selama menjalankan tugas mendapat pahala yang setimpal dari yang di Atas. Amin
0 Response to "Download Buku Catatan Kejadian Sehari-Hari SD Tahun Pelajaran 2018/2019"
Post a Comment