Download Rencana Kerja Tahunan Sekolah, RKT Sekolah Tahun 2018-2019 Revisi Terbaru

Download Rencana Kerja Tahunan Sekolah, RKT Sekolah Tahun 2018-2019 Revisi Terbaru - Segala puji bagi Allah SWT, Tuhan Yang Maha  Kuasa, atas segala karunia dan rahmat-Nya, sehingga Rencana Kerja Sekolah (RKS) Sekolah Anda .....  Tahun Pelajaran 2018/2019 dapat terselesaikan dengan baik sesuai  yang direncanakan. 

Download Rencana Kerja Tahunan Sekolah, RKT Sekolah Tahun 2018-2019 Revisi Terbaru - https://bingkaiguru.blogspot.com
Download Rencana Kerja Tahunan Sekolah, RKT Sekolah Tahun 2018-2019 Revisi Terbaru
Penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS) ini didasarkan atas kebutuhan dan harapan warga sekolah beserta pemangku kepentingan (stakeholder) dalam mengelola Sekolah Anda ...... Pertimbangan lain adalah bekerja dengan perencanaan yang jelas akan memudahkan pelaku kepentingan bekerja secara jelas pula dan lebih terarah. Berbeda jika bekerja tanpa perencanaan sama halnya menciptakan kegagalan akan menimbulkan benturan-benturan tugas atau tumpang tindihnya kegiatan.

Pengembangan program kerja sekolah disusun berdasarkan hasil evaluasi diri dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) sekolah. Materi program kerja disusun secara garis besar, karena itu pelaksanaannya di lapangan disesuaikan dengan kondisi maupun situasi yang ada. Hal ini dikandung maksud agar program kerja ini dapat dikembangkan secara fleksibel, dinamis, efisien dan efektif tanpa keluar dari pokok program yang telah ditetapkan. 

Kami menyadari bahwa program ini dapat diselesaikan atas kerjasama semua pihak yang terkait. Karena itu kami sampaikan terima kasih atas segala bantuan yang diberikan, semoga Tuhan memberikan imbalan dan balasan yang lebih baik. 

Harapan kami kepada para pembaca semoga berkenan memberikan masukan yang bersifat membangun demi kesempurnaan program ini.
                                                                                        Kepala Sekolah

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB   I PENDAHULUAN
           A. Latar Belakang
           B. Landasan
           C. Tujuan Penyusunan
BAB   II DATA SEKOLAH  
           A. Data Sekolah
                1. Data Pendidik dan Tenaga Kependidikan
                2. Data Peserta Didik
                3. Data Komite Sekolah
                4. Data Sarana Prasarana
          B. Hasil Program Tahun Sebelumnya
BAB  III STRUKTUR ORGANISASI SEKOLAH
           A. Struktur Organisasi
           B. Uraian Tugas
BAB  IV RENCANA KEGIATAN  SEKOLAH (RKS)
           A. Rencana Kegiatan
           B. Jadwal Kegiatan
BAB   V RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS)
BAB   VI PENUTUP 

DAFTAR TABEL


BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang 

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan menyebutkan bahwa setiap sekolah harus menyusun rencana kerja sekolah yang terdiri dari rencana kerja jangka menengah dan rencana kerja tahunan. Ketentuan tentang rencana kerja jangka menengah yang selanjutnya disebut RKJM dan rencana kerja tahunan yang selanjutnya disebut RKT ini diperkuat melalui Peraturan Pemerintah nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan pada Pasal 51, menyatakan bahwa satuan pendidikan usia dini, pendidikan dasar dan menengah harus membuat kebijakan tentang perencanaan program dan pelaksanaannya secara transparan dan akuntabel. 

Manajemen Berbasis Sekolah yang selanjutnya disebut MBS  merupakan salah satu amanah Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Oleh karena itu setiap satuan pendidikan diwajibkan menerapkannya dalam bentuk kebijakan-kebijakan nyata untuk mengelola satuan pendidikan sebagaimana dimaksud, dalam rangka mewujudkan sistem pengelolaan dan manajerial sekolah yang transparan dan akuntabel, tanpa meninggalkan peran serta masyarakat, dan pengelolaan pembelajaran yang optimal. Kebijakan ini diberlakukan secara nasional pada setiap satuan pendidikan termasuk di lingkungan Sekolah Dasar UPT  Dinas Pendidikan Kecamatan Anda ..... Kabupaten Anda ...... 

Tiga pilar MBS meliputi aspek pengelolaan yang transparan; pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan; dan peran serta masyarakat yang semakin meningkat. Secara ideal, variabel-variabel tersebut harus mampu berjalan beriringan untuk mewujudkan postur MBS sebagaimana dikehendaki dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Konsekuensinya adalah terciptanya sebuah sistem pengelolaan satuan pendidikan dengan anatomi yang sejalan dengan pilar-pilar MBS.

Kesebangunan konsep pengelolaan satuan pendidikan dengan pilar-pilar MBS akan memudahkan pencapaian tujuan MBS, yaitu peningkatan prestasi belajar peserta didik dan akuntabilitas publik. Prestasi belajar peserta didik secara nyata ditunjukkan dalam bentuk peningkatan kualitas lulusan, yang di dalamnya tidak saja merepresentasikan pencapaian prestasi akademik, tetapi juga terkandung nilai-nilai kualitatif pembangunan karakter. Sedangkan akuntabilitas publik ditunjukkan dalam bentuk transparansi pengelolaan terutama pengelolaan keuangan dan peran serta aktif masyarakat dalam setiap kebijakan satuan pendidikan yang memang mengharuskan adanya partisipasi masyarakat. 

Dalam rangka menuju MBS yang ideal maka pengelolaan satuan pendidikan harus berbasis pada perencanaan yang sesuai dengan kondisi sekolah, sebagai bentuk perangkat lunak kebijakan yang akan dilaksanakan dalam rangka pencapaian tujuan MBS.  Sebagai salah satu fungsi manajemen yang paling dasar, maka perencanaan harus mampu menjadi pijakan bagi fungsi manajemen yang lain, misalnya  pengorganisasian sumber daya yang ada, pengarahan, pengawasan, dan motivasi sehingga fungsi-fungsi manajemen dalam pengelolaan satuan pendidikan dapat didistribusikan secara optimal. 
Fungsi perencanaan dalam manajemen pengelolaan satuan pendidikan diwujudkan dalam bentuk RKT yang mewakili rencana kebijakan pengelolaan sekolah dalam kurun waktu satu tahun. Kurun waktu satu tahun dimaksudkan untuk memberikan keleluasaan terhadap satuan pendidikan dalam pengembangan institusi hingga tercapainya postur satuan pendidikan yang sejalan dengan visi dan misi Sekolah Anda .....  Kecamatan Anda ..... Kabupaten Anda ...... 

Sebagai salah satu sekolah dasar di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Anda ....., maka Sekolah Anda ....., Kecamatan Anda ..... yang pada saat RKT ini disusun memiliki jumlah peserta didik sebanyak 237 orang, dan dibimbing oleh 9 guru, terus berupaya meningkatkan sistem pengelolaan sekolah sesuai dengan amanah Undang-undang. Hal itu direalisasikan dalam bentuk Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) sebagaimana tercantum secara jelas pada BAB II. 

Dasar-dasar manajemen berbasis sekolah pada Sekolah Anda ..... , Kecamatan Anda ....., Kabupaten Anda ....., diupayakan dengan mengeksplorasi seluruh kemampuan dan sumber daya yang dimiliki oleh sekolah. Formalisasi rencana pelaksanaan terhadap manajemen berbasis sekolah diharapkan mampu menjadi acuan dan pedoman bagi kami, dalam rangka mencapai visi sekolah dengan merealisasikan misi yang sudah ditetapkan sebelumnya dengan indikator yang jelas dan terukur. 

B. Landasan 
Sebagai landasan fundamental tempat berpijak dalam penyusunan program kerja sekolah ini adalah: 
  1. Undang-undang RI nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 
  2. Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
  3. Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan oleh Satuan Pendidikan. 
  4. Visi dan Misi Sekolah Anda ....., Kecamatan Anda ...... 
  5. Rencana Kerja Sekolah (RKS) Sekolah Anda ...... 
  6. Ketetapan bersama Kepala Sekolah, Guru, dan Pengurus Komite. 

C. Tujuan Penyusunan 
Secara garis besar dapat dikemukakan bahwa tujuan penyusunan program kerja Sekolah Anda ....., Kecamatan Anda ....., Kabupaten Anda ..... Tahun Pelajaran 2018/2019dapat dikemukakan sebagai berikut: 
  1. Untuk menyatukan pandangan dan cita-cita bagi seluruh warga sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan; 
  2. Untuk memudahkan dalam melaksanakan tugas pengelolaan sekolah sesuai bidang masing-masing; 
  3. Untuk memudahkan dalam melaksanakan evaluasi tugas yang telah berhasil dicapai atau yang belum dicapai; 
  4. Sebagai tempat berpijak untuk kesinambungan pelaksanaan Program Sekolah pada tahun berikutnya; 
  5. Memberikan gambaran kondisi nyata saat ini dan kondisi yang diharapkan dapat terwujud dalam waktu satu tahun ke depan; 
  6. Sebagai bentuk laporan kepada masyarakat dan pemangku kepentingan yang membutuhkan; 
  7. Sebagai bahan kajian bagi pendidik dan atau tenaga kependidikan baru yang ditempatkan di Sekolah Anda .....; 
  8. Sebagai referensi bagi para peneliti yang ingin mengadakan penelitian di Sekolah Anda ....


BAB II
DATA SEKOLAH 
A. Data Sekolah 
       1. Jumlah pendidik dan tenaga kependidikan menurut status kepegawaian dan jenis kelamin 
 

B. Hasil Program Tahun Sebelumnya


BAB III
ORGANISASI SEKOLAH

A. Struktur Ketenagaan  


B. Tugas dan tanggung jawab unsur ketenagaan

1. Kepala Sekolah 
Kepala sekolah sebagai pengelola, penanggung jawab, dan melaporkan seluruh kegiatan yang ada di sekolah kepada masyarakat dan kepada dinas terkait secara herarkhis dan berkala. 
2. Guru Kelas 
Menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi proses pembelajaran, melaksanakan analisis dan tidak lanjut proses pembelajaran, dan melaksanakan bimbingan dan konseling pada kelas yang dibebankan serta melaporkan hasilnya kepada kepala sekolah secara berkala. 
3. Guru Mata Pelajaran 
Menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi proses pembelajaran, melaksanakan analisis serta tidak lanjut proses pembelajaran pada mata pelajaran yang dibebankan serta melaporkan kepada kepala sekolah secara berkala. 
4. Bendahara Sekolah 
Bendahara sekolah bersama-sama dengan Kepala Sekolah menyusun Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah, mengelola keuangan dan melaporkan kepada kepala sekolah dan kepada pihak terkait secara berkala dan berkesinambungan. 
5. Tenaga Perpustakaan 
Tenaga Perpustakaan bertugas mengelola perpustakaan da melaporkan kepada kepala sekolah secara berkala dan berkesinambungan. 
6. Penjaga Sekolah 
Penjaga sekolah bertugas menjaga keamanan sekolah, memelihara kondisi sekolah, memperbaiki kerusakan ringan, menjaga kebersihan lingkungan sekolah. 

BAB IV 
RENCANA KEGIATAN SEKOLAH

A. Rencana Kegiatan



Download file lengkapnya di bawah ini.

Download juga :
Download RKJM (Rencana Kerja Jangka Menengah) Sekolah Tahun Pelajaran 2017-2018 Sampai 2020-2021, RKJM Terbaru
BAB VI
PENUTUP 

       Berdasarkan uraian di atas secara umum dapat disimpulkan bahwa Rencana Kegiatan Sekolah (RKS) Tahun 2018/2019 merupakan unsur yang sangat penting dalam pengelolaan sekolah untuk mencapai tujuan sekolah dan tujuan pendidikan nasional. 

Rencana kegiatan sekolah yang telah tersusun ini hanya akan berjalan lancar bila ada dukungan penuh semua pihak, baik kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan stakeholder yang ada. Oleh karena itu dukungan dan partisipasi aktif semua sangat diharapkan agar Nama Sekolah Anda .....  Kecamatan Anda ..... Kabupaten Anda ..... tetap ada.

Sebaik apapun program yang dibuat, tanpa partisipasi aktif dari komponen yang mendukungnya, seperti guru, karyawan, peserta didik dan komite atau pemerintah maka program kerja tersebut hanya tinggal  tulisan belaka. Karena itu hanya dengan kerjasama dan kerja keras dari masing-masing komponen yang ada, akan tercapai tujuan yang diinginkan.

Semoga dengan adanya niat baik yang kita miliki dapat dijadikan modal yang utama dalam rangka mencapai tujuan sekolah yang diinginkan. 

Bapak Ibu selesai di download silahkan edit dan sesuaikan dengan sikon yang ada di sekolah Bapak Ibu. Karena file ini menggunakan microsoft Word. Selamat bekerja.

0 Response to "Download Rencana Kerja Tahunan Sekolah, RKT Sekolah Tahun 2018-2019 Revisi Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel