Download Kumpulan Buku Guru Kurikulum 2013 Tunagrahita SMALBC Kelas XI (11) Seri Pembelajaran Tematik Terpadi Edisi 2016

Download Kumpulan Buku Guru Kurikulum 2013 Tunagrahita SMALBC Kelas XI (11) Seri Pembelajaran Tematik Terpadi Edisi 2016, https://bingkaiguru.blogspot.com/
Download Kumpulan Buku Guru Kurikulum 2013 Tunagrahita SMALBC Kelas XI (11) Seri Pembelajaran Tematik Terpadi Edisi 2016
Tunagrahita adalah keadaaan keterbelakangan mental, keadaan ini dikenal juga retardasi mental (mental retardation). Anak tunagrahita memiliki IQ di bawah rata-rata anak normal pada umumnya, sehingga menyebabkan fungsi kecerdasan dan intelektual mereka terganggu yang menyebabkan permasalahan-permasalahanlainnya yang muncul pada masa perkembangannya.

Tersedia juga :

Download Gratis Buku Guru SMALB Tunagrahita Kelas X Aktivitas Bersama Tema 1 Kurikulum Pendidikan Khusus 2013 Tematik Terpadu
Tunagrahita mengacu pada fungsi intelek umum yang nyata berada di bawah rata-rata bersamaan dengan
kekurangan dalam adaptasi tingkah laku dan berlangsung dalam masa perkembangan.

Tunagrahita sering disepadankan dengan istilah-istilah, sebagai berikut:

  1. Lemah pikiran (Feeble Minded)
  2. Terbelakang mental (Mentally Retarded)
  3. Bodoh atau dungu (Idiot)
  4. Pandir (Imbecile)
  5. Tolol (Moron)
  6. Oligofrenia (Oligophrenia)
  7. Mampu Didik (Educable)
  8. Mampu Latih (Trainable)
  9. Ketergantungan penuh (Totally Dependent) atau butuh rawat
  10. Mental Subnormal
  11. Defisit Mental
  12. Defisit Kognitif
  13. Cacat Mental
  14. Defisiensi Mental
  15. Gangguan Intelektual
Klasifikasi Tunagrahita :

  • Tunagrahita Ringan
  • Tunagrahita Sedang
  • Tunagrahita Berat dan Sangat Berat

Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Buku ini merupakan “dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat mening-katkan kualitas buku.

  Buku Tunagrahita K13 SMALB C Kelas XI (11) Edisi 2016, https://bingkaiguru.blogspot.com/
Buku Tunagrahita K13 SMALB C Kelas XI (11) Edisi 2016
KATA PENGANTAR

Kurikulum 2013 di SMALB mulai diterapkan pada tahun ajaran 2015/2016. Dalam perangkat kurikulum 2013 SMALB, Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (Dit PKLK) Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah sudah menyiapkan Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar. Dengan demikian, Kurikulum 2013 SMALB merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Dalam kurikulum ini dirumuskan secara terpadu tiga ranah kompetensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Bagaimana seharusnya buku yang digunakan sebagai bahan ajar sesuai Kurikulum 2013? Buku yang ditulis sebagai bahan ajar dengan mengacu pada Kurikulum 2013 SMALB harusnya dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi.

Untuk mencapai kompetensi pada siswa tunagrahita ditulislah buku dengan pembelajaran tematik yang memadukan beberapa mata pelajaran, yaitu PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, SBDP, dan PJOK. Kegiatan pembelajaran dalam buku mene­rapkan pendekatan saintifik yang di dalamnya termuat kegiatan mengamati, menanya, mencari informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Kegiatan yang mengacu pada pendekatan saintifik tidak hanya mengembangkan ranah pengetahuan tetapi juga mengembangkan ranah sikap dan keterampilan. Dengan berbagai kegiatan menyenangkan baik yang dilakukan secara individu dan kelompok yang ada dalam buku, siswa diharapkan dapat mengembangkan diri secara utuh menjadi individu kreatif, inovatif, produktif dan berkarakter.

Buku Profesi merupakan buku seri pembelajaran tematik untuk siswa tunagrahita kelas X. Buku ini terdiri atas tiga subtema. Setiap subtema dalam buku ini terdiri atas enam pembelajaran. Penentuan banyak subtema dan banyak pembelajaran mempertimbangkan kemampuan siswa tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran. Buku Profesi memuat pembelajaran berbasis aktivitas. Bersama guru dan teman-teman sekelas, siswa melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai kompetensi tertentu.

Tak ada gading yang tak retak, artinya tak ada sesuatu yang sempurna. Demikian pula dalam penulisan buku ini masih banyak kekurangan. Penulis berharap para pembaca memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan buku ini. Atas kontribusi tersebut, penulis ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan buku ini dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.
Penulis
Diperoleh dari berbagai sumber : https://id.wikipedia.org, http://www.ariesilmiah.com
Demikianlah tentang Kumpulan Buku Guru Untuk Tunagrahita Bagi SMALB Bagian C Seri Pembelajaran Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Edisi 2016 mulai dari Tema 1 sampai tema 6. Mohon maaf bagi tema 4 dan 7 masih belum tersedia.

0 Response to "Download Kumpulan Buku Guru Kurikulum 2013 Tunagrahita SMALBC Kelas XI (11) Seri Pembelajaran Tematik Terpadi Edisi 2016"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel