Download Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 (Ganjil), KI-3 dan KI-4

Kompetensi Dasar yaitu kemampuan/pencapaian minimal tentang pengetahuan, keterampilan, sikap yang harus ditempuh/dicapai oleh siswa sehingga dinyatakan telah mencapai kompetensi yang telah ditetapkan. Dengan demikian bahwa kompetensi dasar merupakan penjabaran dari standar kompetensi.

Langkah-langkah dalam penyusunan Kompetensi Dasar (KD)
  1. Urutan berdasarkan hirarki konsep disiplin ilmu dan/tingkat kesulitan materi tidak harus sesuai dengan urutan yang ada di Standar Isi (SI).
  2.  Keterkaitan antara Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar dalam mata pelajaran.
  3. Pada dasarnya rumusan kompetensi dasar itu ada yang operasional maupun tidak operasional karena setiap kata kerja tindakan yang berada pada kelompok pemahaman dan juga pengetahuan yang tidak bisa digunakan untuk rumusan  kompetensi dasar. Sehingga langkah-langkah untuk  menyusun kompetensi daasar sebagai berikut:
Menjabarkan kompetensi yang dimaksud dengan bertanya :" Kemampuan pa saja yang harus dimiliki siswa agar dapat mencapai standar kompetensi?" jawaban tersebut akan dicatat/ didaftar baik yang berupa pengetahuan, sikap, dan keterampilan.

Download Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 (Ganjil), KI-3 dan KI-4, https://bingkaiguru.blogspot.com/
Download Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 (Ganjil), KI-3 dan KI-4

Langkah Rumusan Kompetensi Dasar 
Langkah-langkah Penulisan Indikator
Sebelum melakukan penyusunan indikator, maka harus diperhatikan terlebih dahulu komponen-komponen berikut: 
  1. Indikator merupakan penjabaran indikator KD yang menunjukkan, tanda-tanda atau respon yang dilakukan atau ditampilkan peserta didik. 
  2. Rumusan indikator menggunakan rumusan operasional yang terukur atau dapat diobservasi
  3. Indikator digunakan sebagai bahan dasar untuk menyusun alat penilaian. 
Kata-kata Operasional yang dijabarkan Dalam Membuat Indikator
Penilaian Kognitif meliputi: 
  1. Knowledge (pengetahuan) yaitu menyebutkan, menuluskan, menyatakan, mengurutkan, mengidentifikasi, mendefiniskan, mencocokkan, memberi nama, memberi leber, dan melukiskan. 
  2. Comprehension (pemahaman) , yaitu, menterjemahkan, mengubah, menggeneralisasikan, menguraikan, menulis kembali, merangkum, membedakan, mempertahankan, menyimpulkan, mengemukakan pendapat dan menjelaskan.
  3. Application (penerapan) yaitu, mengoperasikan, menghasilkan, mengatasi, mengubah, menggunakan, menunjukkan, mempersiapkan, dan menghitung. Analisis yaitu menguraikan, membagi-bagi, memilih dan membedakan. 
  4. Sintesisi yaitu, merancang, merumuskan, mengorganisasikan, menerapkan, memadukan, merencanakan. 
  5. Evalusi, yaitu mengkritisi, menafsirkan, dan  memberikan evalusi.
Penilaian Afektif meliputi:
  1. Penerimaan, yaitu mempercayai, memilih, mengikuti, bertanya, dan mengalokasikan. 
  2. Menanggapi, yaitu konfirmasi, menjawab, membaca, membantu, melaksanakan, melaporkan, dan menampilakan
  3. Penanaman nilai yaitu menginisiasi , mengundang, melibatkan, megusulkan, dan melakukan. 
  4. Organization yaitu memverifikasi, menyusun, menyatukan, menghubungkan dan mempengaruhi. 
  5. Karakterisasi yaitu menggunakan nilai-nilai sebagai pandangan hidup, mempertahankan nilai-nilai yang sudah diyakini.
Penilaian Psikomotorik atau gerak jiwa meliputi: 
  1. Observasing atau pengamatan yaitu, proses mengamati, memperhatikan tahap-tahap suatu perbuatan, memberi perhatian sebuah artikulasi.
  2. Imitation (peniruan) yaitu melatih, mengubah, membongkar sebuah struktur, membangun kembali struktur, dan menggunakan sebuah model. 
  3. Practicing (pembiasaan) yaitu membiasakan perilaku yang udah dibentuknya, mengontrol kebiasaan agar tetap konsisten. 
  4. Adapting (penyesuian), yaitu menyesuaikan model, mengembangkan model, dan menerapkan model.  
Download Pemetaan Kompetensi Dasar (KD) Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6, Semester Ganjil Tahun 2019/2020

Pemetaan KD, KI-3 dan KI-4 Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020, https://bingkaiguru.blogspot.com/
Pemetaan KD, KI-3 dan KI-4 Kurikulum 2013 SD/MI Tahun Pelajaran 2019/2020

Silahkan filenya ada di bawah ini. KI-3 dan KI-4 Enilaian Pengetahuan dan Penilaian Keterampilan.
Demikianlah terkait dengan Pemetaan KD untuk Tingkat Sataun Pendidikan Sekolah Dasar mulai dari kelas 1 sampai kelas 6 Kurikulum 2013. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Download Pemetaan KD (Kompetensi Dasar) Kurikulum 2013 SD/MI Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6 Semester 1 (Ganjil), KI-3 dan KI-4"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel