Download Perangkat Instrumen Isian PMP 2019 untuk SD, SMP, SMA, SMK, PMP Offline

Inilah kutipan dari PMP :
Kepada yang terhormat
Bapak / Ibu :
Kepala LPMP
Kepala Dinas pendidikan Provinsi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten / Kota
Kepala SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB
Pengawas Sekolah
- di seluruh Indonesia

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Fuji dan syukur kita panjatkan ke khadirat Allah SWT karena atas rahmat-Nya proses pengembangan dan pengujian Sistem Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2019 Pendidikan Dasar dan Menengah versi 2019.09.01 telah selesai secara bertahap dan dapat dirilis pada tanggal 9 September 2019.
Sistem Aplikasi Penjaminan Mutu Pendidikan Tahun 2019 versi 2019.09.01 secara umum bertujuan untuk mendukung proses penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun Ajaran 2019/2020.

Untuk itu secara teknis terdapat beberapa aplikasi utama pada Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dikdasmen Tahun 2019 yang dapat dibuka pada tautan di bawah ini:
1. Laman baru PMP Dikdasmen: pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id
    (Sebagai portal resmi informasi seputar Pemetaan Mutu Pendidikan jenjang pendidikan dasar dan        menengah)
2. PMP Online (EDS Daring): pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:1745
    (Login menggunakan akun Dapodik Sekolah)
3. Manajemen PMP: pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:2019
    (Login menggunakan akun Dapodik Dinas dan LPMP)
4. Supervisi Mutu PMP: pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id:8881
    (Login khusus akun Pengawas menggunakan NIP)
Catatan :
  1. Aplikasi EDS Daring sudah menggunakan instrumen 2019 dan dapat diunduh pada menu Pusat Unduhan
  2. Aplikasi Manajemen PMP diperuntukkan kepada Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten Kota, serta LPMP dalam rangka mengelola pelaksanaan PMP, juga memberikan kontribusi informasi dan berbagi praktik baik yang akan dimuat pada laman PMP. Selain itu dapat digunakan untuk mengelola dan memantau pengawas dan progres PMP sekolah binaannya.
  3. Aplikasi Supervisi Mutu digunakan khusus oleh Pengawas dalam mengelola data kunjungan supervisi dan verval mutu sekolah binaannya.
  4. EDS pada saat ini hanya tersedia pada mode Daring (Online) dan akun yang digunakan semuanya bersumber dari Dapodik untuk Kepsek, PTK dan peserta didik, terkecuali Komite Sekolah ditambahkan pada aplikasi.
  5. EDS Offline masih dalam masa pengembangan sambil dilakukan penyempurnaan pada aplikasi.
  6. Portal Simulasi Bimtek Pemetaan Mutu Fasilitator Nasional kami tutup sementara dalam waktu 5-7 hari.
Demikian informasi yang admin sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya Bapak/Ibu admin ucapkan terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Data.
Admin PMP Dikdasmen
simber : http://pmp.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Kami sajikan perangkat Instrumen PMP Tahun 2019 untuk SD, SMP, SMA, dan SMK

Pemetaan Mutu
Proses terkait kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis data dan informasi tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan dari mulai tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Memberikan gambaran kepada berbagai pemangku kepentingan tentang capaian pemenuhan standar nasional pendidikan.

Alasan Pemetaan Mutu Dilakukan
Salah satu tahapan yang harus dilakukan dalam menjalankan penjaminan mutu pendidikan baik secara internal maupun eksternal. Menghasilkan peta mutu pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh sekolah, pemerintah daerah, dan pemerintah sebagai acuan dalam perencanaan perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan sesuai kewenangan masing-masing.
Inilah Cara Pemetaan Mutu Dilakukan
Mengacu pada standar nasional pendidikan dengan menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Standar Nasional Pendidikan di jabarkan dalam bentuk indikator mutu dan sub-indikator mutu. Variabel pertanyaan dalam instrumen dibangun dari sub-indikator mutu dan diidentifikasi sumber data dan informasi yang mendukung.

Berdasarkan sumber data dan informasi, instrumen pemetaan mutu disusun dalam dua jenis yaitu kuesioner pemetaan mutu dan formulir data pokok pendidikan. Data dan informasi untuk formulir data pokok pendidikan diambil dari rekam data sekolah yang ada pada Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. Data dan informasi untuk kuesioner pemetaan mutu perlu dihimpun kembali ke sekolah.

Sekolah melakukan kegiatan pemetaan mutu melalui Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan menyampaikan hasil evaluasi tersebut dalam bentuk data dan informasi sesuai dengan instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dengan ketentuan yang ada.

Data dan informasi dikirim ke sistem informasi mutu pendidikan untuk diolah menjadi peta mutu yang memuat capaian pemenuhan terhadap standar nasional pendidikan untuk disampaikan kepada sekolah, pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Peta mutu dianalisa lebih lanjut sehingga dapat digunakan sebagai acuan perencanaan pendidikan oleh sekolah, pemerintah daerah dan pusat sehingga upaya pemenuhan mutu pendidikan berjalan sinergis karena berasal dari sumber data dan informasi yang sama.

Inilah Yang Terlibat Dalam Pemetaan Mutu
Warga sekolah yang memberikan data dan informasi pada level sekolah yaitu:
Kepala sekolah
Perwakilan guru
  • minimal 1 guru per mata pelajaran.
  • total perwakilan guru minimal 8 - 10 guru

Perwakilan siswa, dengan ketentuan:
  • minimal 5 siswa per tingkat kelas.
  • total perwakilan siswa minimal 15 siswa tiap sekolah.

Perwakilan komite sekolah
  • minimal 1 orang perwakilan pimpinan komite
  • minimal 2 orang perwakilan orang tua siswa

Pengawas yang merupakan pengawas pembina/manajerial. menggunakan instrumen berupa kuesioner pemetaan mutu pendidikan yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pengawas sekolah dan/atau petugas pemetaan mutu yang telah dibina oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan untuk melakukan proses verifikasi dan validasi atas data yang akan disampaikan oleh sekolah. 

Petugas pemetaan mutu atau operator DAPODIK dapat dilibatkan untuk membantu sekolah dalam merekam dan mengirimkan data dan informasi pemetaan mutu melalui aplikasi pengumpulan data yang ada di sekolah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengkoordinir agar seluruh sekolah dapat terpetakan mutunya.

Di Sinilah Pemetaan Mutu Pendidikan Dilakukan
Pemetaan mutu dilakukan di satuan pendidikan atau di sekolah yaitu melalui EVADIR Sekolah. Pemetaan mutu pada level kewilayahan dilakukan oleh pemerintah daerah dan pusat dengan menghimpun hasil evaluasi diri sekolah melalui instrumen pemetaan mutu yang dikembangkan oleh pemerintah pusat dengan bantuan aplikasi pengumpulan data terpadu berbasis komputer yang ada di sekolah (DAPODIK) dan dikirim ke sistem informasi mutu pendidikan. Pengolahan dan penyajian hasil pemetaan mutu dilakukan oleh sistem informasi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Waktu Pemetaan Mutu Dilaksanakan
Dalam kurun waktu 4 bulan yakni sekita bulan Juni sampai September. Pemetaan mutu sebagai hasil dari pengelolaan data dan informasi yang dihimpun dan disajikan dalam sistem setelah proses pengumpulan data selesai.

Inilah Kuesioner Pemetaan PMP tahun 2019 SD, SMP, SMA, SMK
Melalui kepala sekolah pihak sekolah mengadakan rapat hasil dari rapat Dinas dengan pembinaan Pengawas Sekolah membentuk tim secara oftimal, biasanya diterlepas dari peran Operator Sekolah.

Pihak-pihak yang terlibat dalam pengisian Instrumen Kuesioner PMP Tahun 2019 yakm melibatkan :
  1. Kepala Sekolah
  2. Guru
  3. Perwakila Siswa / Peserta Didik sebanyak 15 orang untuk SD
  4. Komite Sekolah / perwakilan Orang Tua Wali Siswa

catatan :
Seluruh pertanyaan silahka  simak secara teliti dan seksama dan silahka  isi sesuai dengan keadaan yang reel atau yang sebenarnya dengan mengacu kepada bukti fisik yang ada baik pula non fisik.
Sebelum dikirimkan kepada kementerian pendidikan dan kebudayaan melalui penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) aplikasi daring atau online periksalah kembali dengan teliti untuk setiap butir pertanyaannya.
Yang admin ketahui untuk pemberian jawaban silahkan beri tanda silang (X)
Download Perangkat Instrumen Isian PMP 2019 untuk SD, SMP, SMA, SMK, PMP Offline, https://bingkaiguru.blogspot.com
Download Perangkat Instrumen Isian PMP 2019 untuk SD, SMP, SMA, SMK, PMP Offline

Silahkan Download Perangkat Instrumen Isian PMP 2019 untuk SD, SMP, SMA, SMK,  PMP Offline di bawah ini
Demikianlah yang dapat kami informasikan terkain dengan instrumen isian Kuesioner Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) Tahun 2019 Jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Terima kasih atas perhatiannya, semoga mendapatkan nilai yang relevan dengan apa yang diinginkan dengan semua warga sekolah sehingga tujuan pendidikan nasional dapat tercapai. Amiin.

0 Response to "Download Perangkat Instrumen Isian PMP 2019 untuk SD, SMP, SMA, SMK, PMP Offline"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel