Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019

Selamat siang sahabat guru semua apalagi yang sedang melaksanakan Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi 2019. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh Jawaban dari Lembar Kerja, LK 1 Kajian Konsep HOT ini sebgai Lembar Kerja dan Rubrik In atau pertemuan ke 1 pada pelaksanaan Diklat PKP Zonasi 2019 dan dilaporkan melalui Guru Inti nantinya di Uplode secara onlen melalui Login SimPKB secara mandiri.

LK. 1 ini isinya terdiri dari :
LK -1 Kajian Konsep HOTS
LK-1A ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN
LK 1B – 1D

  • Mata Pelajaran/Tema/Sub Tema
  • Kelas                 : 
  • Kompetensi Inti         :
LK-1B. PASANGAN KD DAN TARGET DARI KD PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN
LK-1C. MATRIK SUMBU SIMETRIS KD PENGETAHUAN
LK-1D. FORMAT PERUMUSAN IPK
RUBRIK KONSEP  HOTS

Ingin mengetahui secara jelas dan lengkap supaya dapat dipahami oleh Bapak Ibu Guru peserta Diklat, silahkan unduh / Download filenya di bawah ini.

Silahkan lihat juga :
Buku Materi Pembelajaran PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Lengkap Semua Mata Pelajaran
Contoh Jawaban Tugas Penilaian Diri Guru Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi 2019
Pada Diklat atau Pendidikan dan Pelatihan Pengembagan Keperofrsian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajara…
Download Modul Materi Diklat PKP, PKB Guru Mapel (Mata Pelajaran) K13 (Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA, SMK
Pemerintah menggulirkan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) dan memanggil para peserta Diklat (Pendidikan dan Latih… 
Sekilas tentang LK-1 KAJIAN KONSEP HOTS
LEMBAR KERJA DAN RUBRIK
IN-1
LK-1 Kajian Konsep HOTS
Tujuan :
Setelah mengerjakan Lembar Kerja ini diharapkan peserta mampu mengidentifikasi dimensi pengetahuan, dimensi proses berpikir, dan proses keterampilan serta aspek HOTS berdasarkan bahan bacaan.

Langkah-langkah:
1.       Mengkaji konsep HOTS mengunakan LK-1a dengan langkah sebagai berikut:
a.         Cermatilah contoh video pembelajaran HOTS!
b.        Tulislah unsur HOTS dalam pembelajaran tersebut!
2.       Melakukan Analisis KD Pengetahuan dan Keterampilan menggunakan lembar kegiatan (LK-1b sampai LK-1d) dengan cara:
1.       Untuk jenjang SD (Tematik Terpadu) : memilih KD berpasangan pada satu pembelajaran (PB) pada salah satu sub tema yang diajarkan pada semester yang sedang berjalan!
2.       Untuk jenjang SMP/SMA/SMK  (Mata Pelajaran): memilih KD berpasangan pada semester yang sedang berjalan!
3.       Tulislah pasangan KD dan tentukan target dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan pada LK-1.b!
4.       Tentukan tingkat kompetensi dari KD pengetahuan berdasarkan pada dimensi pengetahuan dan proses berfikir pada sumbu simetris KD pengetahuan serta menentukan gradasi Kata Kerja Operasional (KKO) IPK pada LK-1.c!
5.       Tentukan IPK dan materi pembelajaran dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan pada LK-1.d!

LK-1a Analisis Video Pembelajaran

Identifikasi kegiatan pembelajaran PPK, Lietarasi dan HOTS pada Lk berikut!
Kegiatan Pembelajaran HOTS
PPK (Pendidikan Penguatan Karakter)
-          Berpamitan kepada orang tua
-          Menyambut anak-anak di depan gerbang sekolah
-          Membersihkan kelas sesuai jadwal yang telah dibuat
-          Berbaris di depan kelas sebelum masuk
-          Berbaris di depan kelas sebelum masuk dan bersalaman dengan guru (integritas)
-          Berdoa sebelum belajar (religiusitas)
-          Peserta didik melaksanakan piket sesuai dengan kelompok piketnya (gotong royong)
-          Mengungkapkan rasa syukur karena semua peserta didik masuk (religiositas)
-          Menyanyi lagu wajib nasional (Garuda Pancasila) sebelum pelajaran dimulai (nasionalisme)
-          Kerjasama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas (gotong royong)
-          Peserta didik menggulung karpet bersama-sama (gotong royong)
-          Peserta didik mengerjakan soal tanpa mencontek pekerjaan peserta didik yang lain (kemandirian)
-          Peserta didik melakukan hasil kerja kelompok ke kelompok lain (kemandirian)
-          Membentuk kelompok tanpa memilih teman (kemandirian)
-          Guru memberikan senyuman kepada peserta didik (religiositas)
-          Yel-yel untuk menambah semangat belajar peserta didik (integritas)
Literasi

Budayakan membaca setiap hari/membaca sebelum pembelajaran dimulai, membaca merupakan jendela dunia, dengan membaca kita dapat mengetahui peristiwa atau kejadian yang ada di dunia

·         Bermain peran (role playing) menjadi tumbuhan dan hewan dan membentuk jaring-jaring makanan (literasi sains)
·         Menuliskan kembali apa yang telah dibaca dari buku pojok baca (literasi baca-tulis)
·         Kegiatan kelas berbagi adalah salah satu bentuk kegiatan literasi dimana salah satu peserta didik menceritakan pengalaman yang pernah dilalui (literasi baca-tulis)
·         Membaca data dalam bentuk tabel (literasi numerasi)
·         Melakukan permainan tradisional gobak sodor (literasi budaya)
·         Guru menggunakan LCD dan laptop untuk menampilkan video pembelajaran (literasi ICT)
·         Membentuk kelompok peserta didik dengan cara membilang (literasi numerasi)

Transfer Knowledge
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan TK (c4-c6))
c4
menanalisis
menyimpilkan
mengaitkan/apersepsi
menemukan paragraf utama

1.       Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi sebelumnya
2.       Menganalisis hubungan ekosistem dan jaring-jaring
3.       Merinci hewan pemakan biji – bijian
4.       Menemukan kalimat utama
5.       Membuat jaring-jaring makanan
Menyiimpulkan tentang ketidakseimbangan ekosisitem dan jaring-jaring makanan
c6
membahas
menampilkan hasil diskusi kelompok kecil



Critical thinking, Creativity
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan CC)

Berfikir kritis dan kreatif (critical and creative thinking)
Pernyataan siswa :
Tidak semua burung makan ulat bulu, ada juga yang memakan padi, ada burung pemakan ulat dan pemakan biji-bijian.
1.       Peserta didik memperhatikan video yang ditampilkan
2.       Diskusi mengenai video dan menggali informasi dan menghubungkan dengan kehidupan mereka
3.       Peserta didik menentukan dan menganalisis hubungan antar komponen ekosistem sawah dan jaring-jaring makanan
4.       Guru memberikan kesempatan bertanya mengenai tugas membuat kalimat tanya dan ada yang bertanya , apakah boleh kalimat tanya selalu didahului dengan apa
Anak berdiskusi mengenai apa yang terjadi jika hewan punah atau bertambah populasinya dan bagaimana solusinya

Problem Solving
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan PS)

1.       Peserta didik mencari pemecahan masalah untuk mengatasi serangan ulat bulu, kemudian berusaha menjawab sesuai kemampuan masing-masing
2.       Pemberian tugas dari guru untuk membuat pertanyaan dengan kata apa, siapa, dimana, mengapa dan bagaimana (5W+1H) beserta menentukan kalimat utama dipecahkan anak dengan berdiskusi, membaca keseluruhan isi paragraf
3.       Peserta didik membuat peta pikiran dari ide pokok yang sudah dibaca
Pemecahan masalah apa yang terjadi jika salah satu komponen ekosistem punah , dengan cara berdiskusi

LK 1b – 1d

Mata Pelajaran/Tema/Sub Tema          : IPA/ Tema 5 : Ekosistem /Subtema 3 :
  Keseimbangan Ekosistem
Kelas                                                                     : V (Lima)
Kompetensi Inti                                               :
1.       Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.       Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya, serta cinta tanah air.
3.       Memahami pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.       Menunjukkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.

LK-1b. Pasangan KD dan Target dari KD pengetahuan dan Keterampilan

KD Pengetahuan :          
3.5.Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.
Target KD Pengetahuan :
Mampu menggabar jaring-jaring makanan pada ekosistem lengkap dengan keterangannya.
KD Keterampilan :
4.5 Membuat komponen-komponen ekosistem

Target KD Keterampilan :
Mampu mengelompokkan ekosistem berdasarkan jenisnya.


LK-1c. Matrik sumbu simetris KD Pengetahuan



LK-1d. Format Perumusan IPK

No
KD
Tingkat Kompetensi KD
Proses Berpikir
(C1-C6)
Dimensi Pengetahuan
IPK
Materi dan Sub Materi

1



Dimensi Pengetahuan:
(Tertinggi):
Konseptual


Proses Berpikir dan Dimensi Pengetahuan:
1.       Menjelaskan (C1) > Faktual
2.       Mencirikan (C2) > Faktual
3.       Mengemukakan (C3) > Konseptual
4.       Mendiagramkan (C4) > Konseptual
5.       Menyimpulkan (C5) > Konseptual
IPK Penunjang:
1.       Mengamati gambar burung pemakan ulat (pipit, glatik, kutilang)
2.       Mencirikan burung pemakan ulat bulu dan biji-bijian
3.       Mengemukakan hubungan ciri-ciri burung pemakan ulat dan biji-bijian

Ekosistem dan Keseimbangan Ekosistem

IPK Kunci:
1.       Membuat diagram jaring-jaring makanan

Proses Berpikir:
(Tertinggi) Mengevaluasi
IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)
1.       Menyimpulkan cara makhluk menyesuaikan diri berdasarkan ekosistemnya


2
KD Keterampilan




Tingkat Keterampilan:
Artikulasi

Langkah Proses Keterampilan:
1.       Mengumpulkan (P1)
2.       Merancang (P2)
3.       Menyajikan (P3)
4.       Mensketsa (P4)
IPK Penunjang:
1.       Mengumpulkan bahan materi tentang ciri-ciri mahkhluk hidup berdasarkan jenis ekosistemnya.
2.       Merancang diagram cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan ekosistemnya.

IPK Kunci:
1.       Menyajikan diagram cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan ekosistemnya


IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)
Mensketsa diagram cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan ekosistemnya.










RUBRIK KONSEP HOTS

Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja konsep HOTS
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.       Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-1!
2.       Berikan nilai berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
1.         Menuliskan kegiatan integrasi PPK pada video dengan tepat.
2.         Menuliskan kegiatan integrasi LIterasi pada video dengan tepat.
3.         Menuliskan kegiatan yang termasuk transfer knowledge, critical creativity dan problem solving pada video dengan tepat.
4.         Menyusun pasangan KD dengan tepat
5.         Menuliskan sumbu simetri pengetahuan secara tepat
6.         Merumuskan IPK secara tepat

Rubrik Penilaian:                  
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Enam  aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Lima aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Empat aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Dua aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai


Demikianlah yang dapat kami sajikan terkait dengan Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019. Semoga bermanfaat. Amiin

0 Response to "Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel