Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019
Selamat siang sahabat guru semua apalagi yang sedang melaksanakan Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi 2019. Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh Jawaban dari Lembar Kerja, LK 1 Kajian Konsep HOT ini sebgai Lembar Kerja dan Rubrik In atau pertemuan ke 1 pada pelaksanaan Diklat PKP Zonasi 2019 dan dilaporkan melalui Guru Inti nantinya di Uplode secara onlen melalui Login SimPKB secara mandiri.
LK. 1 ini isinya terdiri dari :
LK -1 Kajian Konsep HOTS
LK-1A ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN
LK 1B – 1D
LK-1C. MATRIK SUMBU SIMETRIS KD PENGETAHUAN
LK-1D. FORMAT PERUMUSAN IPK
RUBRIK KONSEP HOTS
Ingin mengetahui secara jelas dan lengkap supaya dapat dipahami oleh Bapak Ibu Guru peserta Diklat, silahkan unduh / Download filenya di bawah ini.
Silahkan lihat juga :
LEMBAR KERJA DAN RUBRIK
IN-1
LK-1 Kajian Konsep HOTS
LK 1b – 1d
LK-1b. Pasangan KD dan Target dari KD pengetahuan dan Keterampilan
LK-1c. Matrik sumbu
simetris KD Pengetahuan
LK-1d. Format Perumusan IPK
RUBRIK KONSEP HOTS
Demikianlah yang dapat kami sajikan terkait dengan Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019. Semoga bermanfaat. Amiin
LK. 1 ini isinya terdiri dari :
LK -1 Kajian Konsep HOTS
LK-1A ANALISIS VIDEO PEMBELAJARAN
LK 1B – 1D
- Mata Pelajaran/Tema/Sub Tema :
- Kelas :
- Kompetensi Inti :
LK-1C. MATRIK SUMBU SIMETRIS KD PENGETAHUAN
LK-1D. FORMAT PERUMUSAN IPK
RUBRIK KONSEP HOTS
Ingin mengetahui secara jelas dan lengkap supaya dapat dipahami oleh Bapak Ibu Guru peserta Diklat, silahkan unduh / Download filenya di bawah ini.
Silahkan lihat juga :
Buku Materi Pembelajaran PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Lengkap Semua Mata Pelajaran
Contoh Jawaban Tugas Penilaian Diri Guru Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi 2019
Pada Diklat atau Pendidikan dan Pelatihan Pengembagan Keperofrsian Berkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajara…
Download Modul Materi Diklat PKP, PKB Guru Mapel (Mata Pelajaran) K13 (Kurikulum 2013 SD, SMP, SMA, SMKSekilas tentang LK-1 KAJIAN KONSEP HOTS
Pemerintah menggulirkan Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran (PKP) dan memanggil para peserta Diklat (Pendidikan dan Latih…
LEMBAR KERJA DAN RUBRIK
IN-1
LK-1 Kajian Konsep HOTS
Tujuan
:
Setelah mengerjakan Lembar Kerja ini
diharapkan peserta mampu mengidentifikasi dimensi pengetahuan, dimensi proses
berpikir, dan proses keterampilan serta aspek HOTS berdasarkan bahan bacaan.
Langkah-langkah:
1. Mengkaji konsep HOTS mengunakan LK-1a dengan langkah sebagai berikut:
a.
Cermatilah contoh video pembelajaran HOTS!
b.
Tulislah unsur HOTS dalam pembelajaran
tersebut!
2. Melakukan Analisis KD Pengetahuan dan
Keterampilan menggunakan lembar kegiatan (LK-1b sampai LK-1d) dengan
cara:
1. Untuk jenjang SD (Tematik
Terpadu) : memilih KD berpasangan pada satu pembelajaran (PB) pada salah satu
sub tema yang diajarkan pada semester yang sedang berjalan!
2. Untuk jenjang SMP/SMA/SMK (Mata Pelajaran): memilih KD berpasangan pada semester yang
sedang berjalan!
3. Tulislah pasangan KD dan
tentukan target dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan pada LK-1.b!
4. Tentukan tingkat kompetensi
dari KD pengetahuan berdasarkan pada dimensi pengetahuan dan proses berfikir pada
sumbu simetris KD pengetahuan serta menentukan gradasi Kata Kerja Operasional
(KKO) IPK pada LK-1.c!
5. Tentukan IPK dan materi
pembelajaran dari KD Pengetahuan dan KD Keterampilan pada LK-1.d!
LK-1a Analisis Video Pembelajaran
Identifikasi kegiatan pembelajaran PPK, Lietarasi dan
HOTS pada Lk berikut!
Kegiatan
Pembelajaran HOTS
|
|
PPK (Pendidikan Penguatan
Karakter)
|
-
Berpamitan
kepada orang tua
-
Menyambut
anak-anak di depan gerbang sekolah
-
Membersihkan
kelas sesuai jadwal yang telah dibuat
-
Berbaris
di depan kelas sebelum masuk
-
Berbaris di depan kelas sebelum masuk dan
bersalaman dengan guru (integritas)
-
Berdoa sebelum belajar (religiusitas)
-
Peserta didik melaksanakan piket sesuai dengan
kelompok piketnya (gotong royong)
-
Mengungkapkan rasa syukur karena semua peserta
didik masuk (religiositas)
-
Menyanyi lagu wajib nasional (Garuda Pancasila)
sebelum pelajaran dimulai (nasionalisme)
-
Kerjasama dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas
(gotong royong)
-
Peserta didik menggulung karpet bersama-sama
(gotong royong)
-
Peserta didik mengerjakan soal tanpa mencontek
pekerjaan peserta didik yang lain (kemandirian)
-
Peserta didik melakukan hasil kerja kelompok ke
kelompok lain (kemandirian)
-
Membentuk kelompok tanpa memilih teman (kemandirian)
-
Guru memberikan senyuman kepada peserta didik
(religiositas)
-
Yel-yel untuk menambah semangat belajar peserta
didik (integritas)
|
Literasi
|
Budayakan membaca setiap
hari/membaca sebelum pembelajaran dimulai, membaca merupakan jendela dunia,
dengan membaca kita dapat mengetahui peristiwa atau kejadian yang ada di
dunia
|
|
·
Bermain peran (role playing) menjadi
tumbuhan dan hewan dan membentuk jaring-jaring makanan (literasi sains)
·
Menuliskan kembali apa yang telah dibaca dari buku
pojok baca (literasi baca-tulis)
·
Kegiatan kelas berbagi adalah salah satu bentuk
kegiatan literasi dimana salah satu peserta didik menceritakan pengalaman
yang pernah dilalui (literasi baca-tulis)
·
Membaca data dalam bentuk tabel (literasi
numerasi)
·
Melakukan permainan tradisional gobak sodor
(literasi budaya)
·
Guru menggunakan LCD dan laptop untuk menampilkan
video pembelajaran (literasi ICT)
·
Membentuk kelompok peserta didik dengan cara
membilang (literasi numerasi)
|
Transfer Knowledge
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan TK
(c4-c6))
|
c4
menanalisis
menyimpilkan
mengaitkan/apersepsi
menemukan paragraf utama
1.
Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan materi
sebelumnya
2.
Menganalisis hubungan ekosistem dan jaring-jaring
3.
Merinci hewan pemakan biji – bijian
4.
Menemukan kalimat utama
5.
Membuat jaring-jaring makanan
Menyiimpulkan
tentang ketidakseimbangan ekosisitem dan jaring-jaring makanan
c6
membahas
menampilkan hasil diskusi kelompok kecil
|
Critical
thinking, Creativity
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan CC)
|
Berfikir kritis dan kreatif
(critical and creative thinking)
Pernyataan siswa :
Tidak semua burung makan
ulat bulu, ada juga yang memakan padi, ada burung pemakan ulat dan pemakan
biji-bijian.
1.
Peserta didik memperhatikan video yang ditampilkan
2.
Diskusi mengenai video dan menggali informasi dan
menghubungkan dengan kehidupan mereka
3.
Peserta didik menentukan dan menganalisis hubungan
antar komponen ekosistem sawah dan jaring-jaring makanan
4.
Guru memberikan kesempatan bertanya mengenai tugas
membuat kalimat tanya dan ada yang bertanya , apakah boleh kalimat tanya
selalu didahului dengan apa
Anak
berdiskusi mengenai apa yang terjadi jika hewan punah atau bertambah
populasinya dan bagaimana solusinya
|
Problem
Solving
(kegiatan Pembelajaran yang menggambarkan PS)
|
1.
Peserta didik mencari pemecahan masalah untuk
mengatasi serangan ulat bulu, kemudian berusaha menjawab sesuai kemampuan
masing-masing
2.
Pemberian tugas dari guru untuk membuat pertanyaan
dengan kata apa, siapa, dimana, mengapa dan bagaimana (5W+1H) beserta
menentukan kalimat utama dipecahkan anak dengan berdiskusi, membaca
keseluruhan isi paragraf
3.
Peserta didik membuat peta pikiran dari ide pokok
yang sudah dibaca
Pemecahan
masalah apa yang terjadi jika salah satu komponen ekosistem punah , dengan
cara berdiskusi
|
LK 1b – 1d
Mata
Pelajaran/Tema/Sub Tema : IPA/
Tema 5 : Ekosistem /Subtema 3 :
Keseimbangan Ekosistem
Kelas : V
(Lima)
Kompetensi Inti :
1.
Menerima, menjalankan, dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya, serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara
mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, serta benda-benda yang dijumpainya di
rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menunjukkan keterampilan berpikir
dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan
komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang
mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
LK-1b. Pasangan KD dan Target dari KD pengetahuan dan Keterampilan
KD
Pengetahuan :
3.5.Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem
dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar.
Target KD Pengetahuan :
Mampu menggabar jaring-jaring makanan pada
ekosistem lengkap dengan keterangannya.
|
KD Keterampilan :
4.5 Membuat komponen-komponen ekosistem
Target KD Keterampilan :
Mampu mengelompokkan ekosistem berdasarkan
jenisnya.
|
LK-1c. Matrik sumbu
simetris KD Pengetahuan
LK-1d. Format Perumusan IPK
No
|
KD
|
Tingkat Kompetensi KD
|
Proses Berpikir
(C1-C6)
Dimensi Pengetahuan
|
IPK
|
Materi dan Sub Materi
|
|
1
|
|
|||||
|
Dimensi Pengetahuan:
(Tertinggi):
Konseptual
|
Proses Berpikir dan Dimensi
Pengetahuan:
1. Menjelaskan (C1) > Faktual
2. Mencirikan (C2) > Faktual
3. Mengemukakan (C3) > Konseptual
4. Mendiagramkan (C4) > Konseptual
5. Menyimpulkan (C5) > Konseptual
|
IPK Penunjang:
1. Mengamati gambar burung pemakan
ulat (pipit, glatik, kutilang)
2. Mencirikan burung pemakan ulat
bulu dan biji-bijian
3.
Mengemukakan hubungan ciri-ciri burung pemakan ulat dan biji-bijian
|
Ekosistem
dan Keseimbangan Ekosistem
|
||
IPK Kunci:
1. Membuat diagram jaring-jaring
makanan
|
|
|||||
Proses Berpikir:
(Tertinggi)
Mengevaluasi
|
||||||
IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)
1.
Menyimpulkan cara makhluk menyesuaikan diri berdasarkan ekosistemnya
|
|
|||||
2
|
KD Keterampilan
|
|
|
|||
|
Tingkat Keterampilan:
Artikulasi
|
Langkah Proses Keterampilan:
1. Mengumpulkan (P1)
2. Merancang (P2)
3. Menyajikan (P3)
4. Mensketsa (P4)
|
IPK Penunjang:
1.
Mengumpulkan bahan materi tentang ciri-ciri mahkhluk hidup berdasarkan
jenis ekosistemnya.
2.
Merancang diagram cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan
ekosistemnya.
|
|
||
IPK Kunci:
1. Menyajikan diagram cara makhluk
hidup menyesuaikan diri dengan ekosistemnya
|
|
|||||
IPK Pengayaan: (Tidak Wajib)
Mensketsa
diagram cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan ekosistemnya.
|
|
RUBRIK KONSEP HOTS
Rubrik ini
digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja konsep HOTS
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.
Cermati
tugas yang diberikan kepada peserta pembekalan pada LK-1!
2.
Berikan
nilai berdasarkan penilaian Anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik
berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Menuliskan kegiatan integrasi PPK pada video dengan tepat.
2.
Menuliskan kegiatan integrasi LIterasi pada
video dengan tepat.
3.
Menuliskan kegiatan yang
termasuk transfer knowledge, critical
creativity dan problem solving
pada video dengan
tepat.
4.
Menyusun pasangan KD dengan
tepat
5.
Menuliskan sumbu simetri
pengetahuan secara tepat
6.
Merumuskan IPK secara tepat
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Lima aspek
sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang
sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Empat aspek
sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang
sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Tiga aspek
sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
|
<60
|
Dua aspek
sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
|
Demikianlah yang dapat kami sajikan terkait dengan Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019. Semoga bermanfaat. Amiin
0 Response to "Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019"
Post a Comment