Format dan Kunci Jawaban LK-3, LK-4 Penilaian Berorientasi HOTS Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi
Halo sahabat guru semua sebagai peserta Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019. Penilaian Berorientasi HOTS ini pada waktu Diklat PKP sebelumya masuk kepada Lembar Kerja 3 / LK-3 tapi untuk Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Banpem / Bantah (bantuan Pemerintah) Tahun 2019 tepatnya tanggal 13 Oktober - 17 November 2019 Penilaian HOTS ini terdapat pada LK-4. Jadi, silahkan sesuaikan kalau Penilaian Berorientasi HOTS ini masuk kepada LK 3 atau LK 4 isinya sama. Pada postingan saya ini akan memberikan contoh hasil pekerjaan Peserta Diklat PKP atas nama Yanti Parida, S.Pd.SD yang isinya seperti di bawah ini.
LK-3a Penilaian Pengetahuan
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis Sekolah : SD
Banyak Soal : 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Bentuk soal / test : Pilihan Ganda (PG)
Penyusun : Yanti Parida, S.Pd.SD
Alokasi waktu : 10 menit
Kelas/Semester : VI/ Gasal
Kompetensi Dasar : 3.3. Menganalisis cara makhluk hidup hidup menyesuaikan diri dengan
lingkungan
Materi : Adaptasi Hewan
Indikator Soal : 3.3.3 Mengaitkan ciri-ciri hewan dengan habitatnya
Level Kognitif : Level 3
KUNCI PEDOMAN PENSKORAN
Keterangan:
LK-3b Format Telaah
Soal
Selengkapnya solahkan unduh/download menuju LINK di bawah ini.
LK-3a Penilaian Pengetahuan
FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL
Jenis Sekolah : SD
Banyak Soal : 2
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Bentuk soal / test : Pilihan Ganda (PG)
Penyusun : Yanti Parida, S.Pd.SD
Alokasi waktu : 10 menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No.
|
Kompetensi Dasar
|
IPK
|
Materi
Pokok
|
Indikator Soal
|
Level
|
Bentuk Soal
|
Nomor
Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
1
|
3.3.
Menganalisis cara makhluk hidup
hidup menyesuaikan
diri dengan
lingkungan
|
3.3.3
Mengaitkan ciri-ciri hewan dengan habitatnya
|
Adaptasi Hewan
|
Disajikan
tabel, peserta didik dapat mengaitkan data antara ciri hewan dengan
habitatnya
|
L3
|
Pilihan Ganda
|
1
|
2
|
3.3.
Menganalisis cara makhluk hidup
hidup menyesuaikan
diri dengan
lingkungan
|
3.3.3
Mengaitkan ciri-ciri hewan dengan habitatnya
|
Adaptasi Hewan
|
Disajikan
tabel, peserta didik dapat mengaitkan data antara ciri hewan dengan
habitatnya
|
L3
|
Uraian
|
1 dan 2
|
KARTU SOAL
Kartu Soal Pilihan Ganda (PG)
KARTU SOAL NOMOR 1
PILIHAN GANDA
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VI / 1
Kompetensi Dasar : 3.3. Menganalisis cara makhluk hidup hidup
menyesuaikan diri dengan
lingkungan
lingkungan
Materi : Aplikasi Hewan
Indikator Soal : 3.3.3 Mengaitkan ciri-ciri hewan dengan
habitatnya
Level Kognitif : Level 3
Soal :
Soal :
Kunci Pedoman Penskoran
Keterangan:
Soal ini
termasuk soal HOTS karena
1. Sesuai dengan kaidah penulisan soal pilihan ganda
2.
Ada stimulus
berupa tabel informasi
3.
Pertanyaan
yang diberikan menuntut proses berpikir logis
4.
Stimulus
diambil dari kehidupan nyata
5.
Soal tersebut
sesuadi dengan level 3 kognitif penalaran karena merangsang peserta didik untuk
mencari prediksi dan kesimpulan
KARTU SOAL URAIAN
KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam Kelas/Semester : VI/ Gasal
Kompetensi Dasar : 3.3. Menganalisis cara makhluk hidup hidup menyesuaikan diri dengan
lingkungan
Materi : Adaptasi Hewan
Indikator Soal : 3.3.3 Mengaitkan ciri-ciri hewan dengan habitatnya
Level Kognitif : Level 3
KUNCI PEDOMAN PENSKORAN
Keterangan:
Soal ini
termasuk soal HOTS karena
1. Sesuai dengan kaidah penulisan soal uraian
2.
Ada stimulus
berupa gambar
3.
Pertanyaan
yang diberikan menuntut proses berpikir logis karena mengaitkan dua pengetahuan
4.
Stimulus
diambil dari kehidupan nyata
5.
Soal tersebut
sesuadi dengan level 3 kognitif penalaran karena merangsang peserta didik untuk
mencari prediksi dan kesimpulan
LK-3b Format Telaah
Soal
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES
PILIHAN GANDA
Nama
Pengembang Soal :
Yanti Parida, S.Pd.SD
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Program/Peminatan : VI
Isilah
tanda ceklist (ΓΌ) pada kolom butir soal
memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom
butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.
Karyamukti, Oktober 2019
Penelaah
DIAN, S.Pd
Format Telaah Soal Uraian
INSTRUMEN
TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES
URAIAN
Nama
Pengembang Soal :
Yanti Parida, S.Pd
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Program/Peminatan : VI
Isilah
tanda ceklist (ΓΌ) pada kolom butir soal memenuhi
kaidah dan silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi
kaidah.
Karyamukti, Oktober 2019
Penelaah
DIAN, S.Pd
R.3 Rublik Pengembangan Soal HOTS
Rubrik ini digunakan fasilitator untuk
menilai hasil kerja pengembangan butir soal USBN.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1. Cermati tugas yang diberikan
kepada peserta pelatihan pada LK-3!
2. Berikan nilai berdasarkan
penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!
Kriteria Penilaian:
1.
Merumuskan
indikator soal dengan tepat.
2.
Menuliskan soal
sesuai indikator soal.
3.
Menuliskan
kisi-kisi soal dengan tepat.
4.
Menuliskan soal
pilihan ganda sesuai kriteria soal HOTS.
5.
Menuliskan kunci
jawaban pilihan ganda dengan tepat.
6.
Menuliskan soal
uraian sesuai kriteria soal HOTS.
7.
Menuliskan kunci
jawaban uraian dengan tepat.
Rubrik Penilaian:
Nilai
|
Rubrik
|
90 < nilai £ 100
|
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
|
80 < nilai £ 90
|
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang
sesuai
|
70 < nilai £ 80
|
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang
sesuai
|
60 < nilai £ 70
|
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga
aspek kurang sesuai
|
<60
|
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat
aspek kurang sesuai
|
Download LK-3 Penilaian Berorientasi HOTS
Ada pula yang Format LK-4 Penilaian HOTS, lihat riview nya di bawah ini.
Download Format LK-4 Penilaian Berorientasi HOTS
Demikianlah yang dapat admin bagikan. Selamat belajar. Semoga lulus dan nilainya bagus. Amiin
MENUJU LINK
MENUJU LINK
Contoh Jawaban Penilaian Diri Guru Tugas Diklat PKP Berbasis Zoinasi
Contoh Jawaban LK 1 Konsep HOTS Tugas Lembar Kerja dan Rubrik In 1 Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019
Contoh Jawaban LK 2 Analisis Unit Pembelajaran Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019
Model-Model Desain Pembelajaran, Format LK 3 Desain Pembelajaran Tugas Diklat PKB Melalui PKP Berbasis ZonasaiBerikan masukan melalui komentar yang tersedia. Terima kasih.
0 Response to "Format dan Kunci Jawaban LK-3, LK-4 Penilaian Berorientasi HOTS Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi"
Post a Comment