Format dan Kunci Jawaban LK-3, LK-4 Penilaian Berorientasi HOTS Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi

Halo sahabat guru semua sebagai peserta Diklat PKB melalui PKP Berbasis Zonasi Tahun 2019. Penilaian Berorientasi HOTS ini pada waktu Diklat PKP sebelumya masuk kepada Lembar Kerja 3 / LK-3 tapi untuk Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi Banpem / Bantah (bantuan Pemerintah) Tahun 2019 tepatnya tanggal 13 Oktober - 17 November 2019 Penilaian HOTS ini terdapat pada LK-4. Jadi, silahkan sesuaikan kalau Penilaian Berorientasi HOTS ini masuk kepada LK 3 atau LK 4 isinya sama. Pada postingan saya ini akan memberikan contoh hasil pekerjaan Peserta Diklat PKP atas nama Yanti Parida, S.Pd.SD yang isinya seperti di bawah ini.

LK-3a Penilaian Pengetahuan


FORMAT KISI-KISI PENULISAN SOAL

Jenis Sekolah        : SD
Banyak Soal         : 2
Mata Pelajaran     : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Bentuk soal / test : Pilihan Ganda (PG)
Penyusun             : Yanti Parida, S.Pd.SD
Alokasi waktu     : 10 menit
Kisi-Kisi Penulisan Soal
No.
Kompetensi Dasar
IPK
Materi
Pokok
Indikator Soal
Level
Bentuk Soal
Nomor
Soal
1
2
3
4
5
6
7
8
1






3.3. Menganalisis cara makhluk hidup
hidup menyesuaikan diri dengan
lingkungan
3.3.3 Mengaitkan ciri-ciri hewan dengan habitatnya
Adaptasi Hewan
Disajikan tabel, peserta didik dapat mengaitkan data antara ciri hewan dengan habitatnya
L3
Pilihan Ganda
1
2
3.3. Menganalisis cara makhluk hidup
hidup menyesuaikan diri dengan
lingkungan
3.3.3 Mengaitkan ciri-ciri hewan dengan habitatnya
Adaptasi Hewan
Disajikan tabel, peserta didik dapat mengaitkan data antara ciri hewan dengan habitatnya
L3
Uraian
1 dan 2

KARTU SOAL
Kartu Soal Pilihan Ganda (PG)

KARTU SOAL NOMOR 1
PILIHAN GANDA
Mata Pelajaran       : IPA
Kelas / Semester    : VI / 1
Kompetensi Dasar : 3.3. Menganalisis cara makhluk hidup hidup menyesuaikan diri dengan 
                                           lingkungan
Materi                   : Aplikasi Hewan
Indikator Soal       : 3.3.3 Mengaitkan ciri-ciri hewan dengan habitatnya
Level Kognitif      : Level 3
Soal :

Kunci Pedoman Penskoran


Keterangan:                                                                                             
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1.      Sesuai dengan kaidah penulisan soal pilihan ganda
2.      Ada stimulus berupa tabel informasi
3.      Pertanyaan yang diberikan menuntut proses berpikir logis
4.      Stimulus diambil dari kehidupan nyata

5.      Soal tersebut sesuadi dengan level 3 kognitif penalaran karena merangsang peserta didik untuk mencari prediksi dan kesimpulan
KARTU SOAL URAIAN
KARTU SOAL NOMOR 2
(URAIAN)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam  
Kelas/Semester : VI/ Gasal

Kompetensi Dasar : 3.3. Menganalisis cara makhluk hidup hidup menyesuaikan diri dengan
                                         lingkungan
Materi                  : Adaptasi Hewan
Indikator Soal          : 3.3.3 Mengaitkan ciri-ciri hewan dengan habitatnya
Level Kognitif  : Level 3

KUNCI PEDOMAN PENSKORAN

Keterangan:
Soal ini termasuk soal HOTS karena
1.      Sesuai dengan kaidah penulisan soal uraian
2.      Ada stimulus berupa gambar
3.      Pertanyaan yang diberikan menuntut proses berpikir logis karena mengaitkan dua pengetahuan
4.      Stimulus diambil dari kehidupan nyata

5.      Soal tersebut sesuadi dengan level 3 kognitif penalaran karena merangsang peserta didik untuk mencari prediksi dan kesimpulan

LK-3b Format Telaah Soal


INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES PILIHAN GANDA

Nama Pengembang Soal                                      : Yanti Parida, S.Pd.SD
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema   : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Program/Peminatan                                    : VI


Isilah tanda ceklist (ΓΌ) pada kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom  butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.

Karyamukti,   Oktober 2019
Penelaah


DIAN, S.Pd
Format Telaah Soal Uraian

INSTRUMEN TELAAH SOAL HOTS
BENTUK TES URAIAN

Nama Pengembang Soal                                      : Yanti Parida, S.Pd
Mata Pelajaran/Paket Keahlian/Layanan/Tema   : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Program/Peminatan                                   : VI
                                   
Isilah tanda ceklist (ΓΌ) pada kolom butir soal memenuhi kaidah dan silang (X) pada kolom butir soal bila soal tersebut tidak memenuhi kaidah.



             Karyamukti,  Oktober 2019
Penelaah



DIAN, S.Pd
R.3 Rublik Pengembangan Soal HOTS
Rubrik   ini digunakan fasilitator untuk menilai hasil kerja pengembangan butir soal USBN.
Langkah-langkah penilaian hasil kajian:
1.      Cermati tugas yang diberikan kepada peserta pelatihan pada LK-3!
2.      Berikan nilai berdasarkan penilaian anda terhadap hasil kerja peserta sesuai rubrik berikut!

Kriteria Penilaian:
1.        Merumuskan indikator soal dengan tepat.
2.        Menuliskan soal sesuai indikator soal.
3.        Menuliskan kisi-kisi soal dengan tepat.
4.        Menuliskan soal pilihan ganda sesuai kriteria soal HOTS.
5.        Menuliskan kunci jawaban pilihan ganda dengan tepat.
6.        Menuliskan soal uraian sesuai kriteria soal HOTS.
7.        Menuliskan kunci jawaban uraian dengan tepat.

Rubrik Penilaian:
Nilai
Rubrik
90 < nilai £ 100
Tujuh aspek sesuai dengan kriteria
80 < nilai £ 90
Enam aspek sesuai dengan kriteria, satu aspek kurang sesuai
70 < nilai £ 80
Lima aspek sesuai dengan kriteria, dua aspek kurang sesuai
60 < nilai £ 70
Empat aspek sesuai dengan kriteria, tiga aspek kurang sesuai
<60
Tiga aspek sesuai dengan kriteria, empat aspek kurang sesuai
Selengkapnya solahkan unduh/download menuju LINK di bawah ini.

Download LK-3 Penilaian Berorientasi HOTS

Ada pula yang Format LK-4 Penilaian HOTS, lihat riview nya di bawah ini.


Download Format LK-4 Penilaian Berorientasi HOTS

0 Response to "Format dan Kunci Jawaban LK-3, LK-4 Penilaian Berorientasi HOTS Diklat PKB Melalui PKP Berbasis Zonasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel