DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 PPKN SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI.docx

KI DAN KD K-13 PPKN SD/MI KELAS I. II, III, IV, V, VI

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Keewarganegaraan Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah Kelas 1, 2, 3, 4, 5, 6.

KI KD PPKN SD/MI Kelas 1-6 K-13, https://bingkaiguru.blogspot.com/
KI KD PPKN SD/MI Kelas 1-6 K-13
Kompetensi Inti atau KI merupakan terjemahan dari Operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki oleh peserta didik yang telah menyelesaikan jenjang pendidikannya pada satuan pendidikan tertentu, dan KI ini dapat digambarkan dalam Kompetensi Utama yaitu aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan atau dengan istilah sebutan apektif, kognitif, dan psikomotor. yang harus dituntaskan melalui pembelajaran di sekolah dalam suatu jenjang pendidikan, dalam kelas, dan dalam mata pelajaran. Kompetensi Inti ini haruslah seimbang antara hardskills dan softskills.

Kompetensi Inti ini berfungsi sebagai unsur pengorganisasi (organising element) KD (Kompetensi Dasar). Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas/jenjang di atasnya sehingga memenuhi prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu mata pelajaran dengan konten Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat. 

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN SD/MI.

KELAS I

KOMPETENSI INTI 1
(SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan Keluarga,  teman, dan guru

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mensyukuri ditetapkannya
bintang, rantai, pohon beringin,
kepala banteng, dan padi kapas
sebagai gambar pada lambang
negara “Garuda Pancasila”
2.1 Bersikap santun, rukun, mandiri, dan percaya diri sesuai dengan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila” dalam kehidupan sehari-hari
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
2.2 Melaksanakan aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari
hari di rumah
1.3 Menerima keberagaman
karakteristik individu sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa di
rumah
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik
individu di rumah
1.4 Menerima keberagaman di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah
2.4 Menampilkan sikap kerja sama
dalam keberagaman di rumah

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara Mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak muli

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengenal simbol sila-sila
Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
4.1 Menceritakan simbol-simbol sila
Pancasila pada Lambang Garuda
sila Pancasila
3.2 Mengidentifikasi aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari
hari di rumah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai
dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah
3.3 Mengidentifikasi keberagaman
karateristik individu di rumah
4.3 Menceritakan pengalaman
kebersamaan dalam keberagaman
kehidupan individu di rumah
3.4 Mengidentifikasi bentuk
kerjasama dalam keberagaman di
rumah
4.4 Menceritakan pengalaman
kerjasama dalam keberagaman di
rumah

KELAS II

KOMPETENSI INTI 1(SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2(SIKAP SOSIAL)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,
teman, dan guru


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima hubungan gambar
bintang, rantai, pohon beringin,
kepala banteng, dan padi kapas
dan sila-sila Pancasila sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap bekerja sama, disiplin,
dan peduli sesuai dengan sila-sila
Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan
agama yang dianut dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah
2.2 Melaksanakan aturan yang
berlaku di rumah dan tata tertib
yang berlaku di sekolah
1.3 Menerima Keberagaman karakteristik individu sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di sekolah
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik
individu di sekolah
1.4 Menerima keberagaman di sekolah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Menampilkan sikap kerja sama
dalam keberagaman di sekolah

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila-sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
4.1 Menjelaskan hubungan gambar
pada lambang Negara dengan sila
sila Pancasila
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata
tertib yang berlaku di sekolah
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai
aturan dan tata tertib yang berlaku
di sekolah
3.3 Mengidentifikasi jenis-jenis
keberagaman karakteristik
individu di sekolah
4.3 Mengelompokkan jenis-jenis
keberagaman karakteristik
individu di sekolah
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di sekolah
4.4 Menceritakan pengalaman
melakukan kegiatan yang
mencerminkan persatuan dalam
keberagaman di sekolah


KELAS III

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima arti bintang, rantai,
pohon beringin, kepala banteng,
dan padi kapas pada lambang
negara “Garuda Pancasila” sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap jujur, peduli, kasih
sayang sesuai dengan sila-sila
Pancasila dalam lambang negara
“Garuda Pancasila”
1.2 Menghargai kewajiban dan hak
sebagai anggota keluarga dan
warga sekolah sebagai wujud rasa
syukur kepada Tuhan Yang Maha
Esa
2.2 Melaksanakan kewajiban dan hak sebagai anggota keluarga dan
warga sekolah
1.3 Mensyukuri keberagaman
karakteristik individu di
lingkungan sekitar sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.3 Menampilkan kebersamaan dalam keberagaman karakteristik
individu di lingkungan sekitar
1.4 Mensyukuri makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Menampilkan sikap kerja sama
sebagai wujud bersatu dalam
keberagaman di lingkungan sekitar

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami arti gambar pada
lambang negara “Garuda
Pancasila”
4.1 Menceritakan arti gambar pada
lambang negara “Garuda
Pancasila”
3.2 Mengidentifikasi kewajiban dan
hak sebagai anggota keluarga dan
warga sekolah
4.2 Menyajikan hasil identifikasi
kewajiban dan hak sebagai
anggota keluarga dan warga
sekolah
3.3 Menjelaskan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
4.3 Menyajikan makna keberagaman karakteristik individu di lingkungan sekitar
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di lingkungan sekitar
4.4 Menyajikan bentuk-bentuk
kebersatuan dalam keberagaman
di lingkungan sekitar


Lihat juga :
Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar (KI & KD) Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti SD/MI Kelas 1-6 Kurikulum 2013
Berita Acara, Undangan, Daftar Hadir Penyususnan Visi, Misi, dan Tujuan Sekolah
Pernyataan Pakta Integritas Untuk Pejabat Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Tugasnya sebagai ASN, PNS, PPPK
KELAS IV

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1. Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1 Menerima makna hubungan
bintang, rantai, pohon beringin,
kepala banteng, dan padi kapas
pada lambang negara “Garuda
Pancasila” sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
2.1 Bersikap berani mengakui
kesalahan, meminta maaf,
memberi maaf, dan santun sebagai
perwujudan nilai dan moral
Pancasila.
1.2 Menghargai kewajiban dan hak
warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari dalam
menjalankan agama
2.2 Menunjukkan sikap disiplin dalam
memenuhi kewajiban dan hak
sebagai warga masyarakat sebagai
wujud cinta tanah air
1.3 Mensyukuri keberagaman umat
beragama di masyarakat sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
dalam konteks Bhineka Tunggal
Ika
2.3 Bersikap toleran dalam
keberagaman umat beragama di
masyarakat dalam konteks
Bhinneka Tunggal Ika
1.4 Mensyukuri berbagai bentuk
keberagaman suku bangsa, sosial,
dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan
sebagai anugerah Tuhan Yang
Maha Esa
2.4 Menampilkan sikap kerja sama
dalam berbagai bentuk
keberagaman suku bangsa, sosial,
dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan di
sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis,
dalam karya yang estetis, dalam
gerakan yang mencerminkan anak
sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Memahami makna hubungan
simbol dengan sila-sila Pancasila
4.1 Menjelaskan makna hubungan
simbol dengan sila-sila Pancasila
sebagai satu kesatuan dalam
kehidupan sehari-hari
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan
kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari
4.2 Menyajikan hasil identifikasi
pelaksanaan kewajiban dan hak
sebagai warga masyarakat dalam
kehidupan sehari-hari
3.3 Menjelaskan manfaat
keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan sehari
hari
4.3 Mengemukakan manfaat
keberagaman karakteristik
individu dalam kehidupan sehari
hari
3.4 Mengidentifikasi berbagai bentuk keberagaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan
4.4 Menyajikan berbagai bentuk
keberagaman suku bangsa, sosial,
dan budaya di Indonesia yang
terikat persatuan dan kesatuan


KELAS V

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP
SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1. Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya
serta cinta tanah air


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
2.1 Bersikap tanggung jawab, cinta
tanah air, dan rela berkorban
sesuai nilai-nilai sila Pancasila
1.2 Menghargai kewajiban, hak, dan
tanggug jawab sebagai warga
masyarakat dan umat beragama
dalam kehidupan sehari-hari
2.2 Menunjukkan sikap tanggung
jawab dalam memenuhi
kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial
budaya masayarakat sebagai
anugerah Tuhan Yang Maha Esa
dalam konteks Bhineka Tunggal
Ika
2.3 Bersikap toleran dalam
keberagaman sosial budaya
masyarakat dalam konteks
Bhineka Tunggal Ika
1.4 Mensyukuri manfaat persatuan
dan kesatuan sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Esa
2.4 Menampilkan sikap jujur pada
penerapan nilai-nilai persatuan
dan kesatuan untuk membangun
kerukunan di bidang sosial
budaya

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
3.2 Memahami hak, kewajiban dan
tanggung jawab sebagai warga
dalam kehidupan sehari-hari
4.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan
tanggung jawab sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari
3.3 Menelaah keberagaman sosial
budaya masyarakat
4.3 Menyelenggarakan kegiatan yang
mendukung keberagaman sosial
budaya masyarakat
3.4 Menggali manfaat persatuan dan
kesatuan untuk membangun
kerukunan hidup
4.4 Menyajikan hasil penggalian
tentang manfaat persatuan dan
kesatuan untuk membangun
kerukunan.


KELAS VI

KOMPETENSI INTI 1 (SIKAP
SPIRITUAL)
KOMPETENSI INTI 2 (SIKAP SOSIAL)
1. Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang
dianutnya
2. Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangganya
serta cinta tanah air


KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang
Maha Esa atas nilai-nilai
Pancasila secara utuh sebagai
satu kesatuan dalam kehidupan
sehari-hari
2..1 Bersikap penuh tanggung jawab
sesuai nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari
1.2 Menghargai makna kewajiban,
hak, dan tanggung jawab sebagai
warga negara dalam menjalankan
agama
2.2 Melaksanakan kewajiban, hak,
dan tanggung jawab sebagai
warga negara sebagai wujud cinta
tanah air
1.3 Mensyukuri keberagaman sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam konteks Bhineka Tunggal Ika
2.3 Bersikap toleran dalam
keberagaman sosial, budaya, dan
ekonomi masyarakat dalam
konteks Bhineka Tunggal Ika
1.4 Mensyukuri persatuan dan
kesatuan sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa beserta
dampaknya
2.4 Menampilkan sikap tanggung
jawab terhadap penerapan nilai
persatuan dan kesatuan dalam
kehidupan berbangsa dan
bernegara

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
3. Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca]
dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah dan
di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan
logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan
dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
3.1 Menganalisis penerapan nilai
nilai Pancasila dalam kehdupan
sehari-hari
4.1 Menyajikan hasil analisis
pelaksanaan nilai-nilai Pancasila
dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Menganalisis pelaksanaan
kewajiban, hak, dan tanggung
jawab sebagai warga negara
beserta dampaknya dalam
kehidupan sehari-hari
4.2 Menyajikan hasil analisis
pelaksanaan kewajiban, ha, dan
tanggung jawab sebagai warga
masyarakat beserta dampaknya
dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Menelaah keberagaman sosial,
budaya, dan ekonomi masyarakat
4.3 Mengampanyekan manfaat
keanekaragaman sosial, budaya,
dan ekonomi
3.4 Menelaah persatuan dan
kesatuan terhadap kehidupan
berbangsa dan bernegara beserta
dampaknya
4.4 Menyajikan hasil telaah
persatuan dan kesatuan terhadap
kehidupan berbangsa dan
bernegara beserta dampaknya


Filenya ini format Microsoft Word, silahkan ambil di bawah ini.


Admin rekomendasikan Bonus :
Download Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan 
Download Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi
Download Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses
Download Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Lulusan
Demikianlah yand dapat kami tuliskan pada kesempatan kali ini. Semoga membantu Bapak Ibu sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

0 Response to "DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 PPKN SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI.docx"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel