DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS IV, V, VI
Untuk mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pada Kurikulum 2013 di kelas bawah SD/MI tingkat 1, 2, 3, tidak ada, sesuai dengan M. Nuh sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, tidak IPA saja melainkan mata pelajaran IPS pun juga tidak ada. Mata Pelajaran IPA dan IPS baru akan ada di SD/MI Kelas 4, 5, 6. Hal ini dikatakan M. Nuh di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Jl. Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Jum'at. 28/12/2012.
Karena Mata Pelajaran IPA dan IPS merupakan mata pelajaran SAINS. Sedangkan anak kelas 1, 2, 3 Sekolah dasar/Madrasah Ibtidaiyah belajarnya masih Universal. Sehingga siswa kelas 1, 2, 3 SD/MI tidak perlu dijejali dengan Mata Pelajaran SAINS. Bahkan dibeberapa negara lain Pelajaran Sains baru di berikan di kelas 5 dan 6.
Jadi, untuk Kurikulum 2013 menitik beratkan pada 7 hal titik pokok, yakni :
- Pertama adalah antisipasi kebudayaan kompetensi masa depan.
- Kedua, penataan penyempurnaan alur pikir dalam pengembangan kurikulum.
- Ketiga, penataan kewenangan di dalam satuan pendidikan.
- Keempat, penyempurnaan materi yang harus diajarkan.
- Kelima, harus mengacu pada base practice (pelatihan dasar).
- Keenam, proses belajar dengan pendekatan ilmiah dan
- ketujuh, meringankan beban guru.
Nanti guru tidak perlu membuat silabus, tetapi terfokus pada pembelajaran.
Baca juga :
DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 PPKN SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI
UNDUH KI DAN KD KURIKULUM 2013 MATEMATIKA SD/MI KELAS I, II, III, IV, V, VI
UNDUH KI DAN KD KURIKULUM 2013 BAHASA INDONESIA SD/MI KELAS 1, 2, 3, 4, 5, 6 SESUAI DENGAN PERMENDIKBUD NOMOR 24 TAHUN 2016
Inilah selengkapnya Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar / KI dan KD SD/MI Kelas 4, 5, 6.
KI-KD KELAS: IV
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual, yaitu “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis hubungan
antara bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan
|
4.1 Menyajikan laporan hasil
pengamatan tentang bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan
|
3.2 Membandingkan siklus
hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya Pelestariannya
|
4.2 Membuat skema siklus
hidup beberapa jenis mahluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya, dan
slogan upaya pelestariannya
|
3.3 Mengidentifikasi macam-macam
gaya, antara lain: gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan
gaya gesekan
|
4.3 Mendemonstrasikan manfaat
gaya dalam kehidupan sehari-hari, misalnya gaya otot, gaya listrik, gaya
magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
|
3.4 Menghubungkan gaya dengan
gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
|
4.4 Menyajikan hasil
percobaan tentang hubungan antara gaya dan gerak
|
3.5 Mengidentifikasi berbagai
sumber energi, perubahan bentuk energi, dan sumber energi alternatif (angin,
air, matahari, panas bumi, bahan bakar organik, dan nuklir) dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.5 Menyajikan laporan hasil
pengamatan dan penelusuran informasi tentang berbagai perubahan bentuk energi
|
3.6 Menerapkan sifat-sifat
bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran
|
4.6 Menyajikan laporan hasil
percobaan tentang sifat-sifat bunyi
|
3.7 Menerapkan sifat-sifat cahaya
dan keterkaitannya dengan indera penglihatan
|
4.7 Menyajikan laporan hasil
percobaan tentang sifat-sifat cahaya
|
3.8 Menjelaskan pentingnya
upaya keseimbangan dan pelestarian sumber daya alam di lingkungannya
|
4.8 Melakukan kegiatan upaya
pelestarian sumber daya alam bersama orang-orang di lingkungannya
|
KI-KD KELAS: V
Tujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.
Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan dirumuskan sebagai berikut ini.
INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan
rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
|
4. Menyajikan pengetahuan
faktual dan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menjelaskan alat gerak
dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat
gerak manusia
|
4.1 Membuat model sederhana
alat gerak manusia atau hewan
|
3.2 Menjelaskan organ
pernafasan dan fungsinya pada hewan dan manusia, serta cara memelihara
kesehatan organ pernapasan manusia
|
4.2 Membuat model sederhana
organ pernapasan manusia
|
3.3 Menjelaskan organ
pencernaan dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan organ pencernaan manusia
|
4.3 Menyajikan karya tentang
konsep organ dan fungsi pencernaan pada hewan atau manusia.
|
3.4 Menjelaskan organ
peredaran darah dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan organ peredaran darah manusia
|
4.4 Menyajikan karya tentang
organ peredaran darah pada manusia
|
3.5 Menganalisis hubungan
antar komponen ekosistem dan jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar
|
4.5 Membuat karya tentang
konsep jaring-jaring makanan dalam suatu ekosistem
|
3.6 Menerapkan konsep
perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari
|
4.6 Melaporkan hasil
pengamatan tentang perpindahan kalor
|
3.7 Menganalisis pengaruh
kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari
|
4.7 Melaporkan hasil
percobaan pengaruh kalor pada benda
|
3.8 Menganalisis siklus air
dan dampaknya pada peristiwa di bumi serta kelangsungan mahluk hidup
|
4.8 Membuat karya tentang
skema siklus air berdasarkan informasi dari berbagai sumber
|
3.9 Mengelompokkan materi
dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan komponen penyusunnya (zat tunggal dan
campuran)
|
4.9 Melaporkan hasil
pengamatan sifat-sifat campuran dan komponen penyusunnya dalam kehidupan
sehari-hari
|
KI-KD KELAS VI
KI DAN KD IPA KELAS VI SD/MI KURIKULUM 2013 |
DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS IV, V, VI
Demikianlah KI dan KD SD Kelas 4, 5, 6 Kurikulum 2013.
0 Response to "DOWNLOAD KI DAN KD KURIKULUM 2013 SD/MI KELAS IV, V, VI"
Post a Comment